Mohon tunggu...
Marcel Tri
Marcel Tri Mohon Tunggu... Jurnalis - Freelance
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Efektif dan Sederhana untuk Belajar yang Menyenangkan

11 Agustus 2022   10:58 Diperbarui: 11 Agustus 2022   11:16 151 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ingin sukses dalam belajar? saya mencoba membagi pengalaman ketika masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi beberapa tahun lalu di Jogjakarta.

Ketika kita ingin mendapatkan suatu cara efektif untuk belajar dengan menyenangkan. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan dan kembangkan sendiri.

Ada beberapa tips yang bisa saya bagikan:

1. Bertanggungjawab atas dirimu sendiri

Tanggungjawab merupakan tolok ukur sederhana dimana kita sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.

2. Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.

Hiduplah dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang benar, terus hidupi nilai-nilai itu dan gunakan untuk membuat pertimbangan-pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan. Jangan terpengaruh dengan prinsip-prinsip yang salah namun kelihatannya lebih menjanjikan.

3. Kerjakan dulu mana yang penting

Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah ditentukan, jangan menunda untuk menyelesaikan suatu tugas atau tangungjawab walaupun dilihat dari sisi waktu masih memungkinkan kita untuk menundanya. Kebahagiaan seseorang sebenarnya adalah ketika orang itu dapat menyelesaikan apa yang menjadi tanggungjawabnya.

4. Anggap dirimu berada dalam situasi "Co-opetition" bukan situasi "Win-win" lagi

"Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "Cooperation" (kerjasama) dan "Competition" (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam.belajar bersama dan banyak memberikan masukan atau ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kita akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan