Mohon tunggu...
Manuel Zega
Manuel Zega Mohon Tunggu... Mahasiswa - Membaca dan menulis adalah kewajiban bukan hobi

Anak terakhir dari tiga bersaudara ini suka berkelana. Saya beruntung memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Anda. " Selamat datang "

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Anda Tidak Bodoh Anda Hanya Baru Belajar

27 September 2023   08:46 Diperbarui: 1 Oktober 2023   21:21 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pernah saya mendengar seorang dosen mengatakan kepada saya begini.

Saya tidak lebih pintar dari Anda dan tidak lebih dewasa dari Anda.

Saya menjadi seorang dosen bukan berarti saya lebih pintar dari Anda.

Kalimat sang guru tersebut menjelaskan bahwa segala sesuatu hal di mulai dari sebuah proses, yang jelas dan tidak semarta - marta  hal tersebut terwujud begit saja.

Pola pikirnya begini.

Seorang adik tidak jauh dari sifat kakak nya.

Dan seorang kakak tidak jauh dari sifat orang tuanya. Yang menjadi pertanyaan adalah

kenapa Sifat sang kakak tidak jauh dari sifat adiknya?

Seorang kakak akan di percayai untuk menjaga dan mendidik adik - adiknya di karenakan sang kakak sudah terlebih dahulu mendapatkan perhatian dan didikan dari kedua orang tua nya.

Begitu pula dengan hakikat  kepintaran yang tercakup dalam kalimat.

Saya tidak lebih pintar dari Anda dan saya  tidak lebih dewasa dari Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun