Mohon tunggu...
M Anshari Akbar
M Anshari Akbar Mohon Tunggu... Penulis Sepakbola

Ketika orang-orang berhasil, hal tersebut dikarenakan kerja keras. Keberuntungan tidak memberikan andil apa pun dalam sebuah kesuksesan (Diego Armando Maradona)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Akhirnya Fikayo Tomori Resmi Berseragam AC Milan

23 Januari 2021   03:20 Diperbarui: 23 Januari 2021   03:31 95 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akhirnya Fikayo Tomori Resmi Berseragam AC Milan
Rekrutan teranyar AC Milan, Fikayo Tomori. Foto: twitter.com/@acmilan via indosport.com

Rumor tentang kepindahan punggawa Chelsea, Fikayo Tomori, ke AC Milan pada bursa musim dingin ini akhirnya terjawab sudah. Tepatnya pada hari ini, melalui akun media sosial resmi klub, AC Milan, mengumumkan rekrutan terbaru mereka, Fikayo Tomori, dengan status pinjaman. Rumor tentang ketertarikan AC Milan kepada Tomori mulai mencuat ke media dalam beberapa minggu terakhir ini.

Nama Tomori muncul sebagai incaran AC Milan setelah pihak manajemen memutuskan untuk menghentikan perburuan terhadap pemain Strasbourg, Mohamed Simakan. Keputusan AC Milan menggantikan target mereka ke Tomori, disebabkan beberapa detail dari biaya transfer Simakan yang tidak bisa dipenuhi oleh AC Milan dan juga saat ini Simakan sedang mengalami cedera.

Seperti sebelum-sebelumnya, AC Milan memang melakukan pembelian pemain yang cukup jarang dirumorkan oleh media. Akan tetapi perekrutan Tomori, menjadi bukti nyata bahwa tim direktur teknik selalu memiliki opsi terhadap setiap pemain yang diincarnya. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu AC Milan sempat mengincar pemain klub Prancis, Toulouse, yaitu Kouadio Kone, untuk mengisi lini tengah. Namun karena sang pemain memutuskan hijrah ke klub lain, AC Milan langsung membeli pemain lain yang memiliki karakter bermain yang sama yaitu Soualiho Meite dari Torino. Dan sekarang AC Milan memboyong Fikayo Tomori dari Chelsea, yang menjadi alternatif kedua setelah AC Milan gagal mendapatkan Simakan.

Pada deal kali ini, pihak rossoneri meminjam Tomori dari Chelsea sampai akhir musim ini dengan opsi pembelian secara permanen. Kedatangan Tomori ke AC Milan pada bursa musim dingin ini untuk menggantikan slot bek tengah yang ditinggalkan oleh Leo Duarte yang hengkang ke Istanbul Basaksehir. Selain itu, Tomori juga diharapkan bisa menggantikan peran dari Gabbia yang cedera, dan Kjaer yang rentan terhadap cedera.

Fikayo Tomori bersama seragam Chelsea. Foto: Getty Images via 101greatgoals.com
Fikayo Tomori bersama seragam Chelsea. Foto: Getty Images via 101greatgoals.com

Tomori bersama Chelsea bermain pada posisi bek tengah, namun bisa juga bermain sebagai bek kanan. Tomori yang lahir di Kota Calgary, Alberta, Kanada, ini memilih Inggris sebagai kewarganegaraannya. Padahal sebenarnya Tomori berasal dari orang tua yang memiliki darah Nigeria.

Sejak kecil, Tomori sudah bermain untuk akademi Chelsea yaitu sejak usianya masih 8 tahun. Pemain yang saat ini berusia 23 tahun ini bermain untuk Chelsea Youth dari 2005 sampai 2014, hingga akhirnya naik tingkat ke Chelsea U18, Chelsea U21, dan Chelsea U23. Saat masih bermain untuk Chelsea U23, Tomori pernah dipinjamkan ke klub Inggris, Brighton & Hove Albion, yaitu pada paruh kedua musim 2016/2017. Kemudian setelah dipromosikan ke tim senior Chelsea pada awal musim 2017/2018, Tomori langsung dipinjamkan ke Hull City. Dan pada musim berikutnya dipinjamkan ke Derby County.

Fikayo Tomori saat bermain untuk Derby County. Foto: Dan Westwell via derbytelegraph.co.uk
Fikayo Tomori saat bermain untuk Derby County. Foto: Dan Westwell via derbytelegraph.co.uk

Tampil luar biasa bersama Derby County, Fikayo Tomori langsung menjadi pemain inti di skuad utama Chelsea pada musim 2019/2020, dan penampilannya cukup apik. Akan tetapi sejak kedatangan Thiago Silva dari Paris Saint Germain pada awal musim ini, Tomori hanya menjadi penghangat bangku cadangan musim ini. Tercatat Tomori hanya bermain pada 4 laga di semua ajang untuk Chelsea musim ini.

Pada usianya yang cukup muda, pemain yang memiliki nama lengkap Oluwafikayomi Oluwadamilola Tomori ini dinilai cukup berprestasi. Dimana secara berturut-turut pada musim 2014/2015 dan 2015/2016, Tomori mengantarkan Chelsea U19 meraih gelar juara UEFA Youth League U19. Dan juga pada tahun 2017, Tomori mengantarkan timnas Inggris U20 menjadi juara Piala Dunia U20 2017.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN