Mohon tunggu...
Mansur -
Mansur - Mohon Tunggu... wiraswasta -

kompetensi di bidang keahlian otomotif sepeda motor sebagai trainer & motivator serta admin dan contributor untuk blog www.mansurweb.blogspot.com & www.rahasiateknik.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Prosedur Teknis Menangani Keluhan Servis

2 Mei 2012   14:37 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:49 820
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prosedur teknis menangani keluhan / trouble shooting pada sepeda motor harus benar-benar dikuasai oleh seorang teknisi/mekanik. Konsumen yang datang ke bengkel untuk servis sepeda motor tentu menginginkan hasil servis yang memuaskan. Untuk memenuhi harapan konsumen tersebut maka seorang Teknisi / Mekanik harus mampu melakukan Tindakan Servis dengan menyelesaikan trouble shooting / keluhan konsumen dengan baik. Beberapa hal yang menyebabkan hasil kualitas kerja mekanik kurang sesuai dengan harapan konsumen adalah :

  1. Kondisi fisik mekanik yang sedang badmood, kecapekan ataupun sakit
  2. Kemampuan mekanik yang pas-pasan dan belum berpengalaman
  3. Peralatan servis yang kurang mendukung / kurang lengkap
  4. Antrian sepeda motor yang terlalu banyak sehingga tidak sesuai dengan kuota servis mekanik
  5. Penanganan keluhan yang tidak tepat sasaran

Oleh karena itu, dalam rangka memenuhi harapan konsumen untuk menghasilkan kualitas kerja yang baik, perlu dilakukan tindakan / penanganan keluhan servis yang tepat. Berikut hal-hal yang mungkin berguna bagi para mekanik / pengelola bengkel untuk menghasilkan kualitas kerja yang baik :

  1. Lakukan penanganan utama terhadap keluhan konsumen, hal ini berkait dengan kemampuan mekanik dalam melakukan ketepatan analisa dan kecepatan penanganan
  2. Bekerja sesuai standar (SOP) servis yang benar sesuai item servis yang diberikan oleh masing-masing bengkel, lihat Point Servis Sepeda Motor yang sudah dishare dalam blog ini mungkin bisa dijadikan acuan
  3. Gunakan peralatan servis yang lengkap dan memadai
  4. Tingkatkan kemampuan mekanik dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh LPK (lembaga training), terlebih bisa mengikuti Training yang diadakan oleh bengkel resmi
  5. Jaga kebugaran dan ciptakan kondisi kerja yang nyaman
  6. Sesuaikan antrian servis sepeda motor dengan jumlah mekanik dan waktu kerja bengkel
  7. Ciptakan interaksi yang bagus dengan konsumen melalui fasilitas bengkel yang bersih, nyaman dan komunikasi yang hangat
  8. Dan yang tak kalah pentingnya adalah hasil akhir berupa unit servis yang tertangani dengan prima dan memuaskan,

indikasi hasil servis yang berkualitas : keluhan tertangani dengan baik, kondisi motor bersih tidak belepotan dengan bekas oli, bensin ataupun kotoran lainnya (bila diperlukan berikan layanan cuci gratis setelah selesai servis), akselerasi mantap, tarikan gas enteng, harga bersahabat So ..., dengan penanganan servis yang tepat dan layanan yang prima, rejeki akan mengalir terus menerus tiada henti, konsumen-pun akan loyal dengan bengkel kita. Wuihh.... mantap sekali ....., Untuk itu, silakan klik gambar yang berisi skema penanganan Trouble Shooting saat melakukan servis sepeda motor dibawah ini, kemudian simpan di folder anda, siapa tahu berguna untuk menangani keluhan yang sering muncul saat melakukan servis, Sumber :

  1. http://mansurweb.blogspot.com/2012/04/prosedur-teknis-menangani-keluhan.html
  2. http://rahasiateknik.blogspot.com/2012/05/rahasia-teknik-putaran-gas-enteng.html

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun