Mohon tunggu...
Ahmad Saukani
Ahmad Saukani Mohon Tunggu... Administrasi - pensiun bukan lantas berhenti bekerja

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Ada Gereja Terapung di Penang

21 Oktober 2017   14:27 Diperbarui: 15 Mei 2018   16:12 3810
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gerbang gereja saint pier penang/a.saukani

Bercerita tentang rumah ibadah yang dikatakan orang terapung pastinya yang teringat adalah tentang beberapa masjid di beberapa tempat yang disebut terapung. Yang paling populer dan cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama buat mereka yang sudah pernah berkunjung ke Mekkah dan Jeddah. Mereka yang melaksanakan ibadah haji atau umrah biasanya akan disempatkan mengunjungi Kota Jeddah dan tentu saja singgah di masjid terapung yang berdiri di tepi Laut Jeddah.

Masjid Ar Rahmah yang biasanya ramai diziarahi jamaah Indonesia disaat musim haji/umrah itu senyata tidak terapung cuma lantaran masjid itu sepertinya sengaja didesain dan dibangun menjorok ke laut, maka ketika laut pasang masjid tersebut tampak seperti terapung.

kembaran kanan gereja saint pier/a saukani
kembaran kanan gereja saint pier/a saukani
Ketika berkunjung ke Penang, Malaysia beberapa bulan lalu saat keliling seputar George Town, pusat kota daerah wisata Penang dengan menumpang bus wisata, saya sempat mengambil gambar satu bangunan yang sekali pun tidak berkubah, namun dari kejauhan tampak serupa masjid. Bangunan serupa masjid tersebut juga menjorok ke laut.

Bangunan yang cukup menarik perhatian saya itu berdiri sekitar seratus meter dari terminal Bus Jetty tempat berhentinya Bus Wisata gratisan yang saya tumpangi.

Penasaran di panas-terik tengah hari saya hampiri bangunan yang semula saya kira masjid tersebut. Saya dapati bangunan itu dibuat kembar mengapit koridor yang menjorok ke laut. Dari tulisan yang terpampang di gerbang bangunan tersebut ternyata itu adalah bangunan gereja. Gereja Street Pier atau ada yang menyebutnya Gereja Saint Pier.

kembaran kiri saint pier/a saukani
kembaran kiri saint pier/a saukani
Tidak ada informasi yang saya dapatkan, kendati ada beberapa mobil parkir di depan gerbang gereja tersebut tapi tidak seorang pun saya dapati sekadar untuk saya bertanya-tanya. Setelah jeprat-jepret dengan keringat bercucuran saya tinggalkan gereja yang menurut saya cukup unik dan enak dipandang.

Walau sudah browsing ke sana-kemari hanya sedikit saja info saya dapatkan. Bangunan itu termasuk gereja tertua di Pulau Penang. Dari tulisan EST 1897 di atas tulisan "CHURCH STREET PIER" yang terpampang di gerbang gereja bisa ditebak gereja tersebut berarti dibangun pada tahun 1897. Itu berarti gereja tersebut sudah berdiri lebih dari satu abad.

saint pier gereja terapung di penang/a saukani
saint pier gereja terapung di penang/a saukani
Gereja Saint Pier yang berderet dengan pelabuhan penyebrangan Penang dan terminal bus Jetty berdiri dengan gagah menjorok ke laut lebih dari satu abad, apakah gereja tersebut pernah direnovasi atau diperbaiki, tidak ada informasi saya dapatkan.

Cuma yang mau sedikit saya ceritakan disini, seperti masjid di Jeddah yang menjorok ke arah laut kemudian orang menyebutnya sebagai Masjid Terapung. Bisa jadi Gereja Saint Pier yang enak dipandang tersebut juga akan tampak terapung ketika laut pasang.

pelabuhan penang/a saukani
pelabuhan penang/a saukani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun