Mohon tunggu...
Manajemen BencanaUnhan
Manajemen BencanaUnhan Mohon Tunggu... Program Studi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan cohort 10

Progam studi bagian dari Universitas Pertahanan Indonesia yang berfokus pada Manajemen Bencana dalam perspektif keamanan dan ketahanan nasional.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bersama BPBD Balikpapan, Manajemen Bencana Unhan Inisiasi Pelatihan Manajemen Bencana

26 Februari 2020   11:05 Diperbarui: 26 Februari 2020   11:09 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama BPBD Balikpapan, Manajemen Bencana Unhan Inisiasi Pelatihan Manajemen Bencana
Dok. Unhan

Sebagai bagian dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Prodi Manajemen Bencana Selenggarakan Pelatihan Manajemen Bencana untuk relawan bencana di Kota Balikpapan. Pelatihan ini bertempat di Ruang Serbaguna Dinas Perhubungan Kota Balikpapan pada hari Rabu, 26 Februari 2020. 

Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Universitas Pertahanan Program Studi Manajemen Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Dok. Unhan
Dok. Unhan
Acara pelatihan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Keamanan Nasional (Kamnas), Laksamana Muda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT. Pada kesempatan ini, dari pihak BPBD diwakili oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Usman Ali, ST. Pelatihan diikuti oleh 30 relawan bencana yang terdiri dari beragam organisasi mulai dari PMI, Orari, Rapi, Banda, Satma PBI, Satupena, Recue Kopad, Rapelan, Gepak, BKPB, KNPI, Balakarcana, Karang Taruna, dan organisasi kepemudaan lainnya. Seluruh mahasiswa Manajemen Bencana juga terlibat aktif dalam penyelenggaraan pelatihan.

Materi pelatihan yang diberikan berkisar tentang kebencanaan yang menjadi ancaman khususnya di Pulau Kalimantan. Diantaranya yaitu Gempa bumi, Kebakaran Hutan, Banjir, dan Abrasi. Pemateri dari tiap materi adalah mahasiswa Manajemen Bencana sebagai upaya untuk sosialisasi pengetahuan kebencanaan yang telah mahasiswa dapatkan di Universitas Pertahanan. 

Melalui sosialisasi ini, relawan yang mengikuti diharapkan dapat memahami lebih jauh bagaimana penanggulangan bencana dan dapat menyebarkannya kepada masyarakat yang lebih luas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x