Mohon tunggu...
Ekonomi

Berperilaku Baik dalam Produksi

25 Februari 2018   14:50 Diperbarui: 25 Februari 2018   16:03 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pada umumnya manusia memiliki kesibukan masing-masing dalam kehidupannya. Mereka bergerak setiap harinya untuk melakukan sesuatu agar dirinya mencapai apa yang ia tuju selama di dunia ini. Dalam islam, para umatnya di perintahkan untuk tidak bermalas-malasan dalam menjalani kehidupan. 

Mereka di perintahkan untuk bekerja atau melekukan sesuatu agar dalam hidupnya bermanfaat selama ini. Seperti memaanfaatkan alam sekitar dengan baik, atau mereka memanfaatkan kemampuannya untuk membantu sesamanya. Dalam pemikiran dewasa ini, manusia hendaknya memanfaatkan apa yang ia miliki untuk mencukupi kehidupannya. 

Manusia disini memiliki peran penting dalam kehidupan, agar kehidupan di dunia ini menjadi berkembang dan tidak mati. Untuk melakukan suatu hal tersebut, semua itu memiliki aturan atau sesuai dengan keadaan yang ada. Contohnya seperti menciptakan atau mengelolah sesuatu yang manusia miliki dan juga bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Artinya: "Dari Miqdad RA dari Rasulallah SAW ia bersabda: tidaklah seseorang mengkomsumsi makanan hasil kerja ( produksi )nya sendiri dan sesungguhnya Nabi Dawud AS mengkomsumsi dari hasil kerjanya sendiri" (HR.al-Bukhori)

Atau bila dikenal saat ini dengan istilah memproduksi, yang mana memproduksi tersebut merupakan mata rantai konsumsi. Dalam buku bacaan islam, produksi sebagai upaya meningkatkan tidak hanya kondisi materialnya tetapi juga moralnya dan sebagai sarana untuk mencapai tujuan di hari kiamat kelak. 

Motivasi produksi dalam islam ialah sebagai pelaksana fungsi manusia sebagai khalifah di dunia, yaknni seorang muslim meyakini apapun yang di ciptakan oleh Allah SWT di bumi ini untuk kebaikan dan apapun yang Allah berikan kepada manusia sebagai sarana untuk menyadarkan fungsi sebagai pengelolah bumi (Khalifah). 

Seorang muslim juga menyadari bahwa Allah SWT mengirim umat islam ke dunia sebagai pembawa misi rahmatal lil alamin (rahmat untuk seluruh alam). Dan juga dalam pengelolahan ini manusia harus bertanggung jawab pengelolahan isi bumi dan beserta isinya. 

Oleh karena itu, proses pengolahan isi bumi menjadi penting bagi seorang muslim demi tercukupi keperluan hidupnya. Berproduksi  merupakan ibadah, karena suatu aktivitas seorang muslim ketika ada perintah dari Allah SWT, dan ada contoh atau persetujuan Rasulallah SAW, maka aktivitas tersebut termasuk kategori ibadah.

Islam menganjurkan dan mendorong produksi mengingat pentingnya kedudukan produksi dalam menghasilkan kekayaan. Produksi juga merupakan bagian penguat sekaligus sumber yang mencukupi kebutuhan masyarakat dan juga dalam melakukan hal ini juga sebagaimana sarana pencapaian akherat.

Manusia adalah makhluk hidup yang tentu saja memiliki berbagai karakteristik yang berbeda dengan yang makhluk-makhluk lainnya, manussia adalah ciptaan Allah SWT yang di beri kedudukan paling mulia di antara makhluk-makhluk lainnya. Maka dari itu kita sebagai makhluk Allah patutnya bersyukur dan tidak menyombongkan diri. Rasa syukur tersebut bisa kita ungkapkan dengan kata-kata ataupun perilaku baik. 

Adapun pengungkapan rasa syukur dengan kata-kata yakni dengan berdoa , dan sebagainya. Adapun pengungkapan dengan perilaku yakni dengan memanfaatkan kemampuan yang kita miliki dengan baik dan benar. Seperti halnya memanfaatkan kemampuan yang kita miliki untuk maslahat ummat. Contohnya seperti memanfaatkan kemampuan dengan memproduksi sumber daya alam yang ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x