Mohon tunggu...
Mamlukhaaa
Mamlukhaaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - ini aku

haii

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ramadhanku

1 Mei 2022   23:58 Diperbarui: 2 Mei 2022   01:56 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

2 April 2022, dimana dimulainya hari pertama untuk berpuasa, sangat senang karena masih dipertemukan dengan Ramadhan. Sahur pertama tentunya sangat bersemangat dengan menu yang sangat nikmat dan dibuat oleh ibu ku nikmati sahurku dengan Bahagia agar puasaku untuk sebulan bisa berkah setelah sahur untuk mengganjal perut untuk puasa dan waktu adzan shubuh berkumandang dimana disitulah waktu imsak untuk dimulainya berpuasa. 

Shubuh berkumandang aku bergegas untuk mengambil wudhu dan melalukan sholat shubuh, karena setelah shubuh masih terasa mengantuk saya melanjutkan untuk tidur lagi, dan bangun pada jam 06.30 seperti aktivitas seperti biasa melalukan perkuliahan online sampai jam kuliah selesai. Biasanya saya melakukan sholat sunnah dhuha 2 rakaat dan disambung dengan tadarus semampunya. 

Di waktu siang jika tidak ada kegiatan perkuliahan waktunya saya manfaatkan untuk istirahat dan bersantai sampai adzan ashar, setelah terdengar waktu adzan aku bergegas beres-beres rumah dan membersihkan badan dan dilanjut untuk sholat ashar. 

Biasanya sambil menunggu waktu berbuka saya ngabuburit bersama ibu/bapak atau biasanya bersama teman untuk berburu takjil. Setelah sudah mendapatkan takjil aku pulang untuk persiapan berbuka puasa. 

Jika sudah terdengar adzan magrib berarti itulah waktu untuk berbuka puasa, berbuka dengan yang sederhana tpi nikmat itu sangat menyenangkan,berbuka hanya sekedar mengganjal perut agar waktu sholat tidak terlalu malas. Setelah sholat magrib saya bersantai sebentar sambil makan makanan ringan sambil menunggu waktu isya. 

Tidak lama waktu isya' telah tiba dimana waktu untuk jamaah sholat isya' dan jamaah sholat tarawih di masjid atau mushola terdekat sampai jam 19.30. setelah sholat tarawih selesai saya baru makan nasi dan menyantap makanan yang berat, dijam 21.00 biasanya saya mempelajari mata kuliah atau mengerjakan tugas yang diberikan dosen,dan dilanjut untuk beristirahat.

Pertengahan puasa sudah banyak waktu untuk berbuka puasa dengan teman-teman atau alumni sekolah karena pada waktu itulah kitab isa berkumpul dan bertemu. Mengobrol dan bertukar cerita mulai dari yang asik,sedih, dan mengharuhkan.

Tanggal 1 mei 2022 dimana itu adalah hari akhir puasa aku melakukan takbir keliling dipondok terdekat bersama teman- teman sampai larut malam. Paginya bergegas untuk membersihkan badan dan berangkat untuk melakukan sholat idul fitri di masjid terdekat. Setelah pulang dari masjid makan untuk mengisi perut, Setelahnya bersilaturrahmi dan meminta maaf ke orang terdekat utamanya keluarga besar, sanak saudara dan tetangga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun