Mohon tunggu...
MamikSriSupadmi
MamikSriSupadmi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

KaderPosbindu. Pokja dan BinaLingkungan diDesa.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Gulma Rumput, Tips agar Tidak Mengganggu Tumbuh Tanaman

25 Juni 2022   12:49 Diperbarui: 25 Juni 2022   12:54 68 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

     Salah satu hal sederhana dan hampir menjadi pekerjaan semua kegiatan pertanian adalah mengawasi tumbuhnya tanaman pengganggu alias Gulma rumput. Baik bertanam sayuran, buah, padi dan jagung tidak lepas dari menyiangi , mengobati dan memusnahkan gulma pengganggu yang satu ini.

     Secara garis besar , mengawasi tumbuhnya rumput bisa kita lakukan selama 3kali.  Berikut pengamatan sederhana saya ;

     1. Sebelum menanam apapun kita memang harus membersihkan rumput di pekarangan atau lahan sawah. Rumput ada yang jenisnya empuk tipis dan keras.  Obat semprot yang tersedia bermacam. Ada yang memerlukan jangka waktu beberapa hari, ada yang cepat. Ada pula yang harus dicampur dengan obat semprot lain apabila jenis rumput kecil tipis tipis juga harus dibasmi. Tanyakan pada penjaga toko yang menyediakan karena harga, ukuran bermacam macam. Barangkali harus disesuaikan dengan budget dan jenis tanah tumbuhnya rumput yang hendak disiangi. Lahan yang sempit dan luas juga takaran obat semprot yang dibutuhkan pasti berbeda.

     2. Saat tanaman sudah tumbuh terkadang Gulma pengganggu juga tumbuh. Obat semprot yang harus kita gunakan pastinya harus menyesuaikan dengan tumbuhan yang kita tanam. Tanyakan secara mendetail di toko yang menyediakan dengan menyebutkan secara  jelas tanaman yang kita tanam. Tujuannya tentu saja agar benar benar Gulma rumput yang mati dan bukan tanaman kita yang mulai tumbuh.

     3. Menjelang panen, pekerjaan menyiangi rumput lebih mudah dan sederhana karena tanaman sudah tumbuh dengan kuat.  Hanya  butuh kesabaran saja karena sambil mengawasi pengganggu lain misalnya hama tikus, barangkali ada ulat dan lain sebagainya. Selanjutnya rumput tipis tipis bisa kita cabut dengan tangan dan alat penunjang pekerjaan pertanian yang tersedia. 

Awasi tumbuhnya Gulma rumput pengganggu hingga panen tiba ya. Semoga hasil panen memuaskan, Anda senang bahagia bisa memetik hasilnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan