Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mengenal "Father Hunger" Supaya Tak Terjadi pada Anak

21 Juli 2021   08:12 Diperbarui: 21 Juli 2021   13:49 3143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengenal Father Hunger Pada Anak. Gambar ilustrasi Kedekatan ayah dan putrinya (Foto: pixabay.com)

"Father hunger adalah ketidakhadiran sosok ayah, baik secara fisik dan ataupun secara psikologi dalam kehidupan anak. Kondisi ini akan berpengaruh pada tumbuh-kembang anak, karakter, rasa percaya diri, dan cara anak berelasi ketika dewasa.

Pertama kali saya mendengar istilah "father hunger" atau "fatherless" adalah saat instagram live dari Parentalk. Instagram live ini menghadirkan psikolog Daniar Dhara Fainsya, M.Psi, Psikolog.

Dari sinilah, saya tahu dan menjadi paham istilah ini. Setelah mengikuti penjelasan tersebut saya langsung manggut-manggut. Maksudnya jadi mengerti dan paham bahwa hal ini bisa terjadi pada siapapun. Ada kemungkinan besar bapak saya dan almarhum bapak mertua saya pun mengalaminya.

Bapak saya adalah anak tunggal, sayangnya kedua orangtuanya berpisah secara tidak baik saat beliau masih kecil. Meskipun masih bisa bertemu, tapi bapak lebih banyak diasuh oleh keluarga ibunya (nenek saya). Jelas beliau tumbuh tanpa sosok ayah, apalagi bapaknya (kakek saya) memang tidak dekat dan berusaha dekat secara hati dengan kami.

Bagaimana dengan almarhum bapak mertua saya? Saya tidak sempat menemuinya. Namun, dari cerita suami beliau juga mirip nasibnya dengan bapak saya. Hanya saja ketidak-hadiran ayahnya disebabkan karena meninggal pada waktu perang. Almarhum juga anak tunggal, namun akhirnya punya saudara tiri beda ayah.

Di sini saya tak hendak menilai atau apapun itu. Hanya saja saat mengobrol dengan suami, kami sepakat  dan menyadari bahwa "father hunger" itu ada dan tentu sedikit-banyak berpengaruh dalam kehidupan seseorang, baik karakter dan sikap hidupnya.

Pengertian Father Hunger

Istilah "father hunger" ternyata sudah lama ada. Artinya istilah ini menjadi baru buat saya karena awam masalah psikologi.

Father hunger atau fatherless sendiri didefinisikan sebagai ketidakhadiran sosok ayah dalam kehidupan anak. Penyebabnya bisa berbagai hal, misalnya kematian, perceraian, pekerjaan, kecanduan, abussive, dan lain-lain.

Ketidakhadiran ayah di sini adalah kehadiran fisik dan psikologis. Jadi, tidak semata ada-tidaknya ayah secara fisik, namun juga secara mental dan batin dalam tumbuh-kembang anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun