Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Ilmu Perpustakaan di Institut Pertanian Bogor (1990-1992)

29 Maret 2023   18:06 Diperbarui: 29 Maret 2023   18:08 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto kiriman Nasiruddin

Setelah beristirahat selamat satu tahun selepas SMA saya melanjutkan kuliah dengan mengambil Program Studi Ilmu Perpustakaan adalah keinginan saya sendiri hal ini karena saya sudah menggeluti dunia perbukuaan sejak masih SMP dan SMA dan juga mendapat dukungan penuh dari orang tua terutama Ayah. 

Bulan Agustus 1990 saya mengikuti seleksi masuk Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informatika Pertanian, Fakultas Pertanian Institut Pertanaian Bogor  dan Alhamdulillah di terima, semester pertama tempat kuliah di Kampus IPB Jalan Kumbang Bogor sekarang menjadi Sekolah Vokasi. Setelah itu semester 2 tahun 1991 sampai semester 3 dan 4 tahun 1992 pindah ke Kampus Dermaga Bogor dan nama Fakultas juga berubah dari Fakultas Politeknik ke Fakultas Pertanian.  Program Studi Perpustakaan dan Informatika Pertanian, biasa disingkat dengan sebutan PIP-IPB.

Kenangan selama perkuliahan tahun 1990 sampai 1992 saya berangkat kuliah ke Bogor selalu menggunakan kereta api dari stasiun Depok dan orang menyebutnya sebagai ANKER istilahnya Anak Kereta.dan saya sering ketemuan di kereta dengan teman-teman seangkatan satu kelas di PIP-IPB seperti Agus, Euis, Hanita, dan Wiwiek..Selama perkuliahan prestasi akademik saya biasa-biasa saja bahkan boleh dibilang masuk dalam urutan terbawah dengan IPK Tingkat I hanya 3,02 dan IPK Tingkat II 2,75 jadi rata-rata IPK nya hanya 2,90. 

Bahkan untuk nilai Mata Kuliah Pengolahan Bahan Pustaka nilai banya C begitu juga nilai C untuk mata kuliah Pengantar Psikologi bagi pustakawan, Media Teknologi, penyusunan publikasi sekunder,  pengelolaan arsip dan dokumen semuanya bernilai C.  

Saya dinyatakan lulus pada 26 September 1992. Ijazah ditanda tangani Dekan Fakuktas Pertanian DR. Ir. Sjafrida Manuwoto dan Rektor IPB Prof. DR. Ir. H. sitanala Arsyad. Masih melekat dalam ingatan saya waktu ketika wisuda saya berangkat sendirian tidak ditemani dengan orang tua dan keluarga hal ini karena pada saat itu keluarga kami sedang prihatin namun demikian tidak mengurangi semangat saya dan ucapan syukur kepada kedua orang tua, kakak dan adik saya selama saya kuliah sudah banyak memberikan dukungan secara penuh.

Nasiruddin teman seangkatan saya dan kawan akrab selama kuliah dalam pesan melalui wa menyampaikan ke saya nama-nama teman satu kelas satu Angkatan sebagai berikut:

Agus Winarno, Asik Marsudi, Aris Setiawan, Dini Rahayu, Donni Ramdoni, Edi Jatmika, Emi Marliah, Euis Kusumawati, Hadi Samsudin, Hanita Suliatia, Hartati, Husnul Toyibah, Jean Hendryca, Lismawati, Lukman, Lulus Pujianti, M. Pahrudi, Nasiruddin, Priyanto, Sri Suharti, Sugiartini, Wahyu Iskandar, Ela Rosliana, Ida Dahriah, Intan Medianti, Ratna Hidayati, Wiwik Atmawati, R Eka Kurnia, Irma nur, Ira Adrian, Wasito adi, Yulianus turu psdang, Rahmat, Dorce, Sofiah Syarief, Puadah Jamilah, Mulyasarie, Sumaryanti.

Nama-nama dosen yang mengajar: 1. Dra. Yusalina 2. Prof. Pudji Muljono 3. Abdul Rahman Saleh 4. Yuyu Yulia 5. Janti G. Sudjana 6. Alm Toha Nursalam 7. Alm Prof Edi Guhardja 8. Alm Fahidin B.Sc 9. Alm. Drs. Koeswoyo 10. Almh Henny Windarti 11. Alm Dr. Ali Audah  12. Almh. Lily R. Somadikarta, MSc 13. Dr. Alfa Chasanah 14. Sobirin (lab komputer) 15. Alm Budi (saudaranya Aris) 16. DR.  Tisyo Haryono 17. M. Karmidi MA 18. B. Mustafa 19. Deden Santoso (lab lkomputer)

Sebagian teman-teman alumni PIP-IPI 1992 masih sering bersilaturahmi dan terkahir berkumpul di rumah saya pada bulan November 2022. Dan saya masih juga bertemu dengan beberapa dosen yang pernah mengajar seperti pak Tisyo, pak Abdul Rahman Saleh dan Pak Mustafa  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun