Mohon tunggu...
Abdul Malik
Abdul Malik Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika di SMAN 1 Ropang

Bergerak untuk bermanfaat layaknya lebah yang selalu mengambil yang baik dan memberikan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Nilai dan Peran Guru Penggerak

8 Desember 2021   18:05 Diperbarui: 8 Desember 2021   18:17 296 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1.2.a.10. Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

LATAR BELAKANG 

Selama ini penulis meyakini bahwa tugas guru adalah hanya untuk mengajar, membimbing dan  mendidik siswa agar bisa menguasai pelajaran yang diajarkan. 

Namun setelah mengikuti program  pendidkan guru penggerak (PPGP), pola pikir penulis mulai berubah. Apalagi setelah mempelajari  modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak. 

Penulis bisa memahami bahwa selain sebagai pemimpin pembelajaran guru memiliki peran lain yaitu menggerakkan komunitas praktisi, menjadi  coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan siswa.  

Untuk menguatkan penerapan peran-peran tersebut, seorang guru penggerak harus memiliki  nilai-nilai sebagai pedoman dalam berperilaku, yaitu : mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta  berpihak pada siswa. 

Seorang guru penggerak juga harus mampu menjadi motivasi dan inspirasi bagi guru guru lain.  Seorang Guru Penggerak diharapkan mempunyai 4 kompetensi yaitu mengembangkan  diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, serta memimpin  pengembangan sekolah. 

Dengan kompetensi yang melekat pada dirinya, guru penggerak akan  mampu berkinerja secara efektif tidak hanya di kelas dalam lingkungan sekolah, akan tetapi  mampu berkinerja dalam lingkungan yang lebih luas menembus dinding tembok ruang kelas.  

Seperti yang diinginkan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu "merdeka belajar", belajar tidak hanya di  dalam kelas tetapi bisa jadi di luar kelas, dimana saja tanpa batas, tanpa kehilangan jati dirinya,  yaitu manusia Indonesia yang berbudaya. 

Berdasarkan pemahaman tersebut, sebagai calon guru penggerak penulis mencoba  melakukan refleksi tentang nilai apa yang sudah dimiliki dan peran apa yang sudah penulis laksanakan. 

Penulis menyadari bahwa sudah terdapat nilai ataupun peran guru penggerak yang  sudah dilaksanakan dan masih ada yang perlu dikembangkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan