Mohon tunggu...
Mochamad Makruf
Mochamad Makruf Mohon Tunggu... Editor - Freelance writer. Writing is my life since 1997 and published 5 books. One of them, Ekspedisi Buku Barisan 2011 cooperation with Komando Pasukan Khusus (Indonesia Special Forces of ARMY). Contact me: makrufmochamad2@gmail.com. Online news www.penaprestasi.com.

Freelance writer. Writing is my life since 1997 and published 5 books. One of them, Ekspedisi Buku Barisan 2011 cooperation with Komando Pasukan Khusus (Indonesia Special Forces of ARMY). Contact me: makrufmochamad2@gmail.com. Online news www.penaprestasi.com.

Selanjutnya

Tutup

Money

Mafia Jagung

19 Januari 2020   21:40 Diperbarui: 19 Januari 2020   21:50 2796
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

APAKAH  mafia jagung itu ada?  Ada.  Jadi hati hati menaruh iklan di FB baik itu di marketplace atau grup komunitas.

Bisa bisa yg merespon iklan Anda itu para penipu.  Salah satunya penipu kita sebut mafia jagung.Disebut mafia karena pelakunya lebih dari satu.  Saya nyaris jadi korban penipuan mafia jagung ini.

Ceritanya begini.  Saya ingin mendalami trading atau jual beli jagung kering pipil.  Karena,  ada teman yg memberikan kesempatan untuk itu.

Teman memberikan saya PO (purchasing order) atau surat pesanan untuk supply jagung pipil ke dua pabrik pakan ternak di Sidoarjo dan Pandaan.  Sekali buka PO minimum 50 ton. 

Bahkan saat itu saya ditantang untuk supply 100 ton per minggu. Saya menolaknya karena masih newbie atau baru di trading jagung kering.

Saya merasa tertantang. Jadi  saya  harus menguasai bagaimana menjadi buyer jagung  besar dengan cepat.

Cara gampang,  saya masuk ke grup FB,  Komunitas Petani Jagung Indonesia (KPJI) yg anggotanya ribuan seluruh Indonesia. Saya masuk ya sekitar dua bulan lalu.

Dari komunitas itu,  saya tahu sedikit bagaimana para petani menanam jagung.  Menggunakan bibit jenis apa, pengolahan tanah dan memakai obat hama jenis apa bila jagung diserang hama ulat.

Dan yang terpenting, saya ingin mencari petani atau pedagang jagung yg menjual jagungnya dengan jumlah 50 ton sesuai yang saya butuhkan.

Saya pun menulis status saya di grup FB, KPJI itu. "Dicari jagung kering pipil KA15 seharga 4.300/kg. Kebutuhan 50 ton. "

Banyak sekali petani atau pedagang yang meresponnya.  Sebagian besar membully. Karena harga pasar jagung KA (kadar air)  15, Rp 4.700 sd 5.000/ kg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun