Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Iran Memesan 80 Kapal Rudal Cepat Type 022 Tiongkok

25 Januari 2022   17:52 Diperbarui: 25 Januari 2022   17:53 641 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber:  globaldefensecorp.com + asiatimes.com

Situasi sekarang ini kekuatan militer adalah faktor kunci dalam menentukan hak suatu negara untuk berbicara di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok tampaknya terus berusaha untuk mengembangkan militernya. Selama beberapa dekade, telah mencoba untuk menembus blokade teknologi militer AS,  dan kini terus terjadi kebangkitan terus menerus, sehingga  membuat AS lebih waspada terhadap Tiongkok.

Saat ini, kekuatan pertahanan nasional Tiongkok telah meningkat pesat, dan bukan lagi seperti Tiongkok masa lalu yang lemah dan terbelakang, terutama kekuatan maritimnya, yang telah berubah secara dramatis, dan mereka  kini lebih percaya diri dalam menghadapi negara adidaya dunia seperti AS.

Saat ini, Tiongkok memiliki kapal perang jenis baru kapal rudal Type 022, meskipun tonasenya kecil, tetapi lebih fleksibel dalam pertempuran.

Kapal rudal Type 022 (sebutan NATO: kelas Houbei) adalah kelas kapal di AL-PLA. Kapal pertama diluncurkan pada April 2004 oleh Galangan Kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai. Kapal ini menggabungkan fitur siluman dan didasarkan pada lambung kapal katamaran penembus gelombang yang dirancang Australia yang lebih stabil daripada kapal rudal cepat lainnya pada kondisi laut lepas.

Saat ini telah ada 82 dari kapal yang sudah beroperasi di AL-PLA dengan tiga armada yang telah diproduksi selama rentang waktu tujuh tahun, beroperasi dalam skuadron yang masing-masing terdiri dari delapan kapal.

Tidak jelas di mana kapal rudal serangan cepat ini dioperasikan untuk serangan cepat AL-PLA ini beroperasi sekarang, apakah ditempatkan secara permanen atau semi-permanen di pos-pos di Laut Tiongkok Selatan (LTS).

November 2020 lalu, "beberapa" kapal Type 022 mengambil bagian dalam manuver maritim Tiongkok di LTS, bersama dengan tiga kapal serbu amfibi Type 071.

Ini adalah bagian dari apa yang "Global Times" gambarkan sebagai "latihan skenario pertempuran nyata, dengan pelatihan katamaran dalam serangan dan pertahanan komprehensif, pertahanan udara dan anti-terorisme."

type-22-catamaran-missile-boats-61efd5234b660d11e66152b2.png
type-22-catamaran-missile-boats-61efd5234b660d11e66152b2.png

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan