Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Insiden Tabrakan Kapal Selam Bertenaga Nuklir USS Connecticut di LTS

10 Oktober 2021   17:53 Diperbarui: 10 Oktober 2021   18:01 490 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapal Selam Nuklir AS USS Connecticut. Sumber: bbc.com

Berita insiden kapal selam serang tenaga nuklir "USS Connecticut" AL-AS telah menabrak sebuah objek tak dikenal saat menyelam di perairan Laut Tiongkok Selatan (LTS), telah menjadi berita hangat di media, ini pun dinyatakan juga oleh para pejabat AS.

Sebelas pelaut terluka - dua menderita luka sedang dan sisanya mengalami goresan ringan dan memar, kata para pejabat AS. Semua dirawat di kapal selam itu sendiri.

Dalam sebuah pernyataan singkat pejabat  berwenang AS pada hari Kamis (7 Oktober 2021) memberikan beberapa rincian insiden, yang terjadi lima hari sebelumnya (2 Oktober 2021), Armada Pasifik AS mengatakan USS Connecticut tetap dalam "kondisi aman dan stabil", bahwa tidak ada cedera yang mengancam jiwa dan kapal selam itu masih bekerja dengan baik.

Pembangkit listrik tenaga nuklir dan kompartemen reaktor propulsi nuklir kapal selam kelas Seawolf ini tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh, tambahnya. "Tingkat kerusakan pada kapal selam ini sedang dinilai," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa insiden itu akan diselidiki.

Tabrakan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan itu, dan pada akhir pekan yang sama saat kapal induk AS dan Inggris melakukan latihan militer dengan Jepang, Kanada, Belanda, dan Selandia Baru di utara Taiwan.

Gugus Kapal Induk Serbu Inggris 21 sejak itu telah melakukan perjalanan ke LTS, yang selama ini menjadi vitalnya sebagai rute perdagangan maritim.

Pernyataan itu tidak merinci lokasi insiden itu, tetapi dua pejabat AL-AS, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas rincian yang tidak diumumkan secara terbuka, mengatakan itu terjadi di LTS ketika USS Connecticut sedang melakukan operasi rutin.

Para pejabat mengatakan kapal selam itu kemudian menuju pelabuhan Guam pangkalan milter besar AS di Pasifik, mereka mengatakan insiden itu tidak diumumkan sebelum Kamis untuk menjaga keamanan operasional.

Pejabat AL-AS mengatakan kepada Washington Post bahwa tidak diyakini bahwa Tiongkok yang menyebabkan tabrakan dan kapal itu dipantau oleh kapal AS lainnya di wilayah itu saat bergerak ke Guam.

Para pejabat mengatakan belum jelas objek apa yang ditabrak kapal selam itu tetapi itu bukan kapal selam lain. Seorang pejabat mengatakan itu bisa saja kapal yang tenggelam, kontainer yang tenggelam atau objek lain yang belum dipetakan.

USS Connecticut bernilai miliaran dolar 107 meter (353 kaki) ditugaskan mulai dari saat era perang dingin dan merupakan salah satu dari tiga Kapal selam kelas "Sea Wolf" AL-AS yang bisa membawa lebih dari 100 (116) personel termasuk 15 perwira, dapat membawa 40 torpedo dan rudal. Konstruksi dimulai pada akhir Perang Dingin, dan selesai dan diluncurkan pada tahun 1998.  Beratnya sekitar 9.000 ton dan memiliki kinerja akustik yang kuat.  Namun, karena biayanya yang tinggi, AL-AS akhirnya hanya membangun tiga kapal kelas "Seawolf".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan