Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Perbedaan Kapal Selam Alutsista Militer dan Kapal Selam Penelitian Oceanologi

25 April 2021   10:50 Diperbarui: 26 April 2021   00:31 1172 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Kapal Selam Alutsista Militer dan Kapal Selam Penelitian Oceanologi
Sumber: National Interest + The Australian

Apa perbedaan antara kapal selam alutsista AL dan kapal selam penelitian oceanologi? Mengapa kapal selam sangat sulit untuk meningkatkan kedalaman maksimum penyelaman, dan jarang melihat adanya terobosan ini? Jika teknologi selam dalam yang diciptakan oleh kapal selam penelitian diterapkan pada desain kapal selam alutsista, dapatkah kapal selam ini akan menjadi yang terhebat di dunia?

Pada tulisan yang lalu telah diposting tentang kapal selam penelitian laut dalam "Pejuang" . baca:

Kapal Selam Penelitian Oceanologi Tiongkok "Struggler/Pejuang"

Sebagai pengmemar dan pengamat alutisista dan ilmu pengetahuan, kita benar-benar perlu mengetahui dan memikirkan kembali, apa saja persamaan dan perbedaan antara kapal selam alutsista (KSA) dan kapal selam peneltian (KSP), serta bagaimana kita bisa saling belajar. 

Untuk itu, memilah beberapa karakteristik individu KSA dan KSP dan bahkan kapal lain dari berbagai sudut pandang tidak hanya merupakan respon penjelajahan para penggila kapal, tetapi juga semacam review bermacam-macam bisnis yang kita amati.

Sumber: cnet.com + hisutton.co
Sumber: cnet.com + hisutton.co
Biasanya persamaan dan perbedaan antara desain KSA dan KSP bisa terlihat dengan jelas. Fungsi KSA yang paling penting sebagai alutsista dan perlengkapan pertahanan negara untuk konfrontasi militer. Lintasannya tiga dimensi. Harus memiliki penyelaman yang dalam dan daya tahan yang lebih besar. 

Konfrontasi dengan musuh yang kuat juga melibatkan siluman, tenaga penggerak, persenjataan, ketahanan diri yang keberlanjutan, vitalitas, mobilitas, dll., sehingga harus berlayar secara mandiri, memiliki kekuatan yang tahan lama, dan dilengkapi dengan fasilitas tempat tinggal kru dan sistem pertempuran yang kuat.

Hal ini menghadirkan fitur desain yang sesuai, dan perkembangan kedalamannya yang ekstrem dipengaruhi oleh gaya tempur, kebutuhan peralatan, akumulasi teknologi, dan tingkat industri dibatasi oleh banyak faktor.

KSP umumnya dikenal sebagai kendaraan untuk menyelam atau kapal selam penelitian dalam. Jenisnya bermacam-macam. Kegunaan utamanya adalah penelitian ilmiah, eksplorasi lingkungan, dan operasi dasar laut. 

Sasaran mereka adalah dunia bawah laut yang menunggu perkembangan manusia. Hal itu bergantung pada kapal komando (kapal induknya) untuk menyuplai energi dan membentuk sistem lengkap dengan kapal komando, Jangkauan geraknya adalah area kecil di bawah kapal komando dengan kedalaman vertikal sebagai sumbu utama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN