Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Kapal Selam Penelitian Oceanologi Tiongkok "Struggler/Pejuang"

24 April 2021   11:19 Diperbarui: 24 April 2021   11:29 465 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapal Selam Penelitian Oceanologi Tiongkok "Struggler/Pejuang"
Sumber: xinhuanews.cn

Kapal selam penelitian Oceanologi "Struggler/Pejuang/Fen Dou Zhe" milik Tiongkok berhasil mencapai dasar Palung Mariana tahun ini dan menjadi salah satu kapal selam terdalam di dunia. Membuktikan bahwa teknologi selam dalam Tiongkok dapat mencapai dasar laut mana pun.

Dari Jiaolong dan Pejuang Laut Dalam hingga Perjuangan hari ini, teknologi dan peralatan eksplorasi laut Tiongkok terus mencapai lompatan ikonik. Perjuangan telah menciptakan rekor baru penyelaman dalam berawak 10.909 meter di Tiongkok, yang merupakan rekor baru bagi Tiongkok dalam eksplorasi teknologi laut dalam menjadi sebuah tonggak penting untuk menetapkan paradigma baru untuk inovasi teknologi.

Kantor Berita Xinhua, Sanya, 28 November 2020 menurunkan artikel dengan judul: 10.000 meter di bawah laut, halo! ------ "Perjuang/Struggler" menandai koordinat baru penyelaman dalam berawak Tiongkok.

Sanya, Hainan, Pelabuhan Nanshan. Pada sekitar 8:30 waktu setempat pada 28 November 2020, sirene dibunyikan, menciptakan rekor baru 10.909 meter untuk penyelaman dalam berawak Tiongkok, "Perjuang", telah berhasil menyelesaikan tahap kedua uji coba laut dan kembali dengan kemenangan.

Sebanyak 13 penyelaman diselesaikan dalam lebih dari satu bulan, dan 8 di antaranya melebihi 10.000 meter. Rekor 10.909 meter telah memberi umat manusia koordinat baru di bidang penyelaman dalam berawak dalam.

Seberapa menawankah dunia 10.000 meter di bawah laut? Kesulitan dan bahaya seperti apa yang dialami para pejuang penyelam Tiongkok? Bagaimana semangat penyelaman dalam berawak membantu Tiongkok untuk dengan berani mendaki puncak ilmu pengetahuan dan teknologi laut dalam?

Tonggak sejarah Tiongkok telah berada di peringkat teratas dari "daftar peringkat" di dunia penyelaman dalam.

Di dasar lautan, Palung Mariana menyambut salam hening dari "Perjuang". Sejak saat itu, negara Tiongkok telah memiliki kemampuan untuk memasuki samudra terdalam di dunia untuk melakukan eksplorasi dan penelitian ilmiah.

Memahami laut dapat membantu kita mengembangkan dan melindungi laut dengan lebih baik.

Palung Mariana disebut sebagai "kutub keempat bumi". Memiliki tekanan air yang tinggi dan kegelapan total. Ini adalah salah satu daerah terkeras di bumi. Titik terdalamnya sekitar 11.000 meter, yang setara dengan ketinggian Gunung Everest ditumpangkan di Gunung Hua di Tiongkok.

Pada pagi hari 10 November 2020, Perjuang yang membawa tiga awak kapal selam perlahan diluncurkan dari hanggar kapal induk "Discovery One", dan selempang itu dengan mantap diangkat ke dalam air. Hampir 4 jam kemudian, "Perjuang" Berhasil duduk di dasar dan menyelam hingga kedalaman 10.909 meter, menetapkan rekor baru untuk penyelaman dalam berawak Tiongkok dan mencapai level terdepan di dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN