Mohon tunggu...
Conan Edogawa
Conan Edogawa Mohon Tunggu...

* Pemerhati Poleksosbud\r\n* Artis rumahan

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Top-up Mandiri e-Money Sebagai Non Nasabah

27 November 2018   15:09 Diperbarui: 27 November 2018   15:16 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Top-up Mandiri e-Money Sebagai Non Nasabah
Kartu_mandiri_e-money.jpeg


Kartu Mandiri e-money bisa dipastikan menjadi kebutuhan hidup dan/ atau bekerja di Ibukota. Apabila mengendarai mobil, hampir semua gerbang tol di Jakarta sudah menggunakan gerbang tol otomatis (GTO) yang mengharuskan pengendara mengetuk kartu plastik, salah satunya adalah Mandiri e-money. Begitu juga apabila menggunakan transportasi publik seperti Commuter Line, atau bus TransJakarta sudah menggunakan kartu plastik.

Pembahasan kali ini khusus Mandiri e-money karena saya adalah penggunanya dan saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara melakukan top-up. Terutama, karena saya sendiri bukan nasabah Mandiri. Jadi, apabila Anda seperti saya, bukan nasabah Mandiri, tapi memiliki kartu Mandiri e-money dan ingin melakukan top-up, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan.

Mungkin banyak dari pembaca sudah tahu caranya. Terutama dari situs Mandiri sendiri sudah menginformasikan cara-cara top-up. Pada bagian hampir di bawah laman tersebut, ada 2 cara yang paling mudah yang bisa dilakukan: pergi ke merchant-merchant tertentu (Indomaret, atau Alfamart, dsb), atau ATM Link, atau ATM dengan logo ATM Bersama. Untuk yang disebut terakhir, saya pernah mencoba, namun gagal tanpa ada pesan error yang menjelaskan. Jadi, saya anggap mungkin jaringannya belum stabil.

Nah, saya ingin berbagi pengalaman melakukan top-up Mandiri e-money dengan cara-cara yang tidak terdokumentasikan di situs Mandiri tersebut di atas.

1. Terminal Top-up Mandiri e-money dengan Uang Tunai

Bentuknya seperti mesin ATM. Cara saya mengetahui ini pun sebenarnya kebetulan, karena tidak ada papan pengumuman bahwa mesin ini bisa top-up Mandiri e-Money. Jadi, mesin ini ada di Bandara Soetta Terminal 1B, dekat dengan terminal SkyTrain. Cari mesin ini dekat mushalla. Saya belum lihat mesin ini di tempat lain. Uniknya adalah mesin ini menerima uang tunai. Jadi, siapkan uang sesuai dengan jumlah yang sesuai. Apabila isi Rp. 50,000 maka masukkan uang tunai Rp.50,000. Ada slot untuk memasukkan uang kertas, seperti halnya kita masukkan uang ke slot uang di vending machine minuman. Bedanya, mesin ini tidak akan mengeluarkan kembalian. Jadi, mungkin apabila kita punya uang tunai sebesar Rp.100,000 tapi ingin hanya isi Rp.50,000 tidak ada kembalian. Untuk yang ini saya kurang pasti. Sebaiknya isi sesuai uang tunai yang ada saja.

Silahkan info di kolom komentar apabila pernah melihat mesin seperti ini (bisa top-up Mandiri e-money dengan uang tunai) di tempat selain Bandara Soetta.

2. Top-up di Aplikasi Toko Online

Mungkin tidak banyak toko online yang menawarkan top-up Mandiri e-money. Pada saat ini yang saya tahu adalah Tokopedia

dokpri
dokpri
Menu yang dimaksud mungkin tidak langsung terlihat, maka di aplikasi Tokopedia, ketuk menu 'Lainnya'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2