Mohon tunggu...
Maiden Ayu Hendrawanto
Maiden Ayu Hendrawanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta program studi Ilmu Komunikasi mengambil konsentrasi Public Relation

halo teman - teman selamat membaca artikel yang telah saya buat !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Yuk, Kita Mengenal Konten Kreator

18 Juni 2021   07:37 Diperbarui: 18 Juni 2021   07:47 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr . wb , salam sejahtera untuk kita semua ...

halo teman - teman perkenalkan saya Maiden Ayu Hendrawanto yang sering dipanggil Maiden , saya adalah mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta angakatan 2019 dengan  mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Public Realtions . 

Sekarang adalah zaman dimana semuanya sudah modern , setiap tahunnya selalu bertambah canggih dan berkembang . sekarang semua orang selalu menggunakan alat teknologi yang bisa dibawa kemana - mana mereka berada contohnya yaitu handphone , dimana kegunaannya yaitu untuk menjalankan sebuah komunikasi dan untuk melancarkan sebuah bisnis yang kita tautan ke media sosial agar banyak orag diluar sana tahu akan merek yang kita pasarkan , dengan begitu perlu adanya konten kreator yang membuat bisnis kita menjadi lebih menarik di mata publik . 

tetapi apakah kalian tahu apa itu koten kreator ? apa saja sih pekerjaannya , oke disini saya akan jelaskan apa sih konten kreator itu ? kalian akan mengetahuinya di artikel ini , langsung saja kita simak bersama ..

APA ITU KONTEN KREATOR ?

Konten kreator adalah sebuah profesi yang membuat suatu konten , baik sebuah tulisan , gambar , video , suara ataupun gabungan dari dua atau lebih materi . konten - konten tersebut dibuat untuk media , terutama media digital seperti Youtube , Snapchat , Instagram , WordPress , Blogger , dan lain -  lain . tentunya bukan hanya untuk media sosial saja tetapi tugas konten kreator juga berupa artikel , ebook . infografik , foto , video dan lain - lain  apalagi yang lagi viral di zaman sekarang yaitu Tiktok 

secara sederhana konten kreator dapat diartikan sebagai orang yang membuat konten yang memiliki nilai edukasi , informasi dan hiburan , lebih sekedar membuat konten biasa tetapi mereka memilki fungsi yang terbilang sangat berpengaruh dalam dunia marketing sekarang ini .  konten kreator adalah orang yang bertanggung jawab atas kontribusi informasi ke media apapun , terutama media digital . mereka biasanya menargetkan audiens tertentu untuk suatu konteks tertentu . 

TUGAS SEORANG KONTEN KREATOR ?

sebelum membuat sebuah konten , seorang konten kreator juga memilki tugas - tugas yang sangat di perlukan untuk membuat konten . diantaranya adalah : 

1 . Mengenal teknologi dengan baik 

2 . Mengumpulkan ide , data , serta melakukan riset serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten untuk publik

3 . menghasilkan konten yang benar - benar sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan

4 . terus berusaha untuk memenuhi tujuan yang di sepakati dari sebuah konten . contohnya tujuan promosi , edukasi , menghibur atau memberikan sebuah informasi 

5 . sesuaikan konten dengan platform yang dipilih , dalam hal ini konten kreator bisa menghasilkan karya untuk multi-platform

6 . evaluasi konten yang akan atau telah di tayangkan 

Pengetahuan yang wajib dimiliki konten kreator :

1 . Pengetahuan tentang media produksi , komunikasi , teknik serta metode penyebarannya . termasuk juga cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan , lisan , atau media visual 

2 . Pengetahuan tentang teknik , peralatan , prinsip desain termasuk dalam memproduksikan rencana teknikal yang presisi , cetak biru , gambar dan model 

3 . Pengetahuan tentang struktur isi dari bahasa inggris , termasuk juga arti dan juga ejaan dari setiap kata , aturan komposisi , serta tata bahasanya 

MACAM - MACAM KONTEN 

1 . Company Blog

2 . E-Book

3 . Konten Video

4 . Konten Visual 

5 . Case Study

6 . Educational Webinar

7 . Podcast

berikut adalah macam - macam konten , mari kita bahas satu persatu ..

1 . Company Blog adalah sebuah gambaran umum yang berisi konten sebuah opini , pengalaman atau aktivitas seorang penulis .

2 . E-Book adalah sebuah buku digital , merupakan teks yang berbentuk media digital dan juga di lindungi oleh hak cipta . E-Book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara online di internet atau elektronis melalui media digital , E-Book ini merupakan file dengan berbagai macam format .

3 . Konten Video adalah video yang diunggah di media sosial yang dapat dilihat oleh seluruh dunia , ada beberapa macam konten video yang biasa di punggah di youtube yaitu konten video buatan pengguna ( dibuat oleh pemilik akun tersebut ) , klip film , klip Tv , video musik dan video blog atau biasa yang sering disebut dengan vlog . 

4 . Konten Visual adalah jenis konten media sosial yang paling sering digunakan untuk menarik perhatian audiens target . karena gambar merupakan bentuk komunikasi yang telah digunakan sejak zaman prasejarah .

5 . Case Study adalah lapoan informasi deskriptif mengenai data penelitian eksperimen atau percobaa , peristiwa , proyek atau analisis . pada ilmu sosial studi kasus melibatkan suatu pemeriksaan yang mendalam dan juga rinci dari suatu subjek studi , serta dengan kondisi kontekstual yang berkaitan . 

6 . Educational Webinar adalah sesi informatif yang disiarkan melalui website untuk memberikan edukasi terhadap orang - orang yang tertarik mempelajari topik tertentu . webinar merupakan singkatan dari web seminar yang bertujuan untuk menghubungkan setiap user melalui situs web untuk melakukan kegiatan seminar yang dilakukan secara online yang saling bertatap muka di depan layar digital .

7. Podcast adalah berkas didgital berupa audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu agar bisa mendengarkan audio tersebut . podcast ini adalah audio non - streaming sehingga sangat berbeda dengan radio . 

Agar produksi konten di Indonesia menjadi lebih sehat dan mengedukasi masyarakat , kalian perlu melakukan cara - cara tersebut : 

ciri - ciri konten yang berkualitas : 

1 . Konten yang berkualitas mudah ditemukan ( findable ) .

2 . Konten yang berkualitas bisa dibagikan ( Shareable ) .

3 . Konten yang berkualitas bisa dibaca ( Readable ) . 

4 . Konten yang bagus selalu diingat ( Memorable ) . 

Cara membuat konten yang menarik dan berkualitas : 

1 . Buat konten yang orisinil

2 . Fokus ciptakan konten yang kuat

3 . Bisa memberikan jawaban

4 . Akurat dalam melaporkan dan memberikan informasi

5 . Ciptakan Engaging Content

6. Berkomunikasi lebih baik dengan menambahkan gambar dan video 

7 . Tulis konten pendek dan meruncing 

8 . Selalu update website dan blog

9 . Menggunkan bahasa yang baik dan benar tidak menundang keributan dan tidak mengandung hinaan 

oke teman - teman itu saja yang dapat saya jelaskan , semoga bermanfaat bagi kita semua :)

wassalamualaikum wr . wb ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun