Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Guru - Writer - Teacher - Motivator - Public Speaker - Content Creator - Businessman

Nama Lengkap: Mahestha Rastha Andaara, S.Pd | Aktivitas saat ini mengajar IPA di SMPIT AR-RAHMAN, mengajar di Bimbel MATRIKS, mengurus komunitas menulis @sekolahmenulisindonesia, mengurus penerbitan @penerbitsmi, menulis buku, membaca literatur, dakwah, dan mengurus akun YouTube Mahestha Rastha.| Berikut beberapa buku saya yang sudah terbit: 1. Untukmu Para Pejuang Mimpi (2017) 2. Stop Talking and Start Hijrah (2018) 3. Tak Kenal, maka Tak Dakwah (2019) 4. Stop Talking and Start Hijrah International Version (2019) 5. Menjadi Umat Islam Abad 21 (2020) 6. 25 Juta Pertama dari Menulis (2021) Buku bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga hubungi penulis langsung untuk mendapatkan buku + TTD + Quotes

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

7 Trik Ini Mampu Membuat Tulisanmu Membius Pembaca

10 September 2021   19:13 Diperbarui: 11 September 2021   04:14 805 21 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menulis | Sumber: Pexels/Judit Peter

Membuat tulisan yang unik dan menarik memang tidak mudah. Penulis perlu banyak membaca, menulis, dan riset apa yang harus ditulis. 

Tulisan yang bisa membius pembaca, sebenarnya ini adalah salah satu cara agar nama penulis bisa naik di pasar. 

Tulisan yang ketika selesai dibaca, lalu si pembaca merasa puas, pasti akan banyak omongan dari mulut ke mulut bahwa tulisan dari si penulis tersebut sangat bagus. Itulah yang menyebabkan karyanya dilirik dan dibeli oleh banyak masyarakat.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat tulisan yang seperti itu? Bagaimana membuat tulisan yang ketika dibaca, pembaca merasa puas dengan apa yang kita tulis? Mari kita bahas satu per satu triknya.

PERTAMA, pahami apa yang sedang kamu tulis

Ada beberapa mentor nulis yang suka bilang, "Menulislah dengan rasa. Jangan asal tulis." Benar, menulis tanpa rasa, sebagus apapun isinya, tidak akan meresap ke hati pembaca. Lalu bagaimana caranya? 

Salah satu cara menulis dengan rasa adalah kamu harus memahami dulu apa yang ingin kamu tulis. 

Kamu harus benar-benar riset tema yang ingin kamu tulis tersebut, apakah memang sedang dibutuhkan masyarakat. Apakah memang pembahasan yang dibahas sering dialami oleh masyarakat.

Apakah tema yang kamu angkat sedang dicari-cari oleh masyarakat. Apakah cerita yang diangkat benar-benar menarik dan tidak membosankan. Apakah solusi atau saran yang kamu berikan benar-benar mengena untuk masyarakat. 

Nah pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang harus kamu pikirkan ketika menulis. Semoga dengan itu, pesan yang ingin kamu sampaikan dapat tersampaikan ke pembaca. Bagaimana caranya? RISET!

Kalau kamu ingin membuat tulisan tentang psikologi sedangkan kamu bukan seorang psikolog, maka kamu harus mendalami dulu dunia tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan