Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Writer - Teacher - Motivator - Public Speaker - Content Creator - Businessman

Nama Lengkap: Mahestha Rastha Andaara, S.Pd | Aktivitas saat ini mengajar IPA di SMPIT AR-RAHMAN, mengajar di Bimbel MATRIKS, mengurus komunitas menulis @sekolahmenulisindonesia, mengurus penerbitan @penerbitsmi, menulis buku, membaca literatur, dakwah, dan mengurus akun YouTube Mahestha Rastha.| Berikut beberapa buku saya yang sudah terbit: 1. Untukmu Para Pejuang Mimpi (2017) 2. Stop Talking and Start Hijrah (2018) 3. Tak Kenal, maka Tak Dakwah (2019) 4. Stop Talking and Start Hijrah International Version (2019) 5. Menjadi Umat Islam Abad 21 (2020) Buku bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga hubungi penulis langsung untuk mendapatkan buku + TTD + Quotes

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Mau Silaturahim atau Mabar?

19 April 2021   17:04 Diperbarui: 21 April 2021   12:53 504 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Silaturahim atau Mabar?
Sumber gambar: suara.com

Gara-gara gadget, jadi banyak yang lebih suka mabar daripada silaturahmi bersama saudara atau teman yang tidak setiap hari bertemu.

Kalau kita flashback ke beberapa tahun silam. Sepertinya Ramadhan begitu indah. Karena handphone tidak terlalu mendominasi keseharian kita. Sehingga, yang mau fokus ibadah akan mudah fokus.

Bahkan yang mau buka puasa bersama pun, akan benar-benar berbuka bersama, mengobrol, sekaligus silaturahim. Terlebih, ketika acara idul fitri, kumpul keluarga, semuanya benar-benar kumpul dan mengobrol.

Tapi, ketika android dan kawan-kawannya yang mulai mempercanggih dunia ini, manusia banyak yang lebih sibuk dengan dunianya sendiri.

Karena memang tak dipungkiri, kesenangan dan pekerjaan pun bisa dilakukan dalam handphone zaman sekarang. Semua bisa dilakukan dengan satu gadget yang menyimpan berbagai aplikasi yang menyenangkan dan menghasilkan uang.

Hal yang menjadi masalah adalah kadang kita lupa untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya.

Ketika waktunya belajar, kita malah asyik sendiri dengan gadget. Ketika waktunya bercengkrama, kita malah asyik sendiri dengan games online. 

Jadi, momen kebersamaannya kurang terasa. Nah, ini juga yang menjadi masalah ketika kita sedang bersilaturahim. Apalagi ketika momennya adalah idul fitri. Gara-gara gadget, jadi banyak yang lebih suka menyendiri daripada mengobrol bersama saudara yang tidak setiap hari bertemu.

Padahal dalam hadis riwayat Bukhari dikatakan bahwa,

"Barang  siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahim."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN