Mohon tunggu...
Dinanti Maghfirah
Dinanti Maghfirah Mohon Tunggu... Mahasiswa

......

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Aksi Peduli COVID-19 Mahasiswa KKN UM sebagai Relawan Pembuatan Masker

30 Juni 2020   17:10 Diperbarui: 30 Juni 2020   18:19 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aksi Peduli COVID-19 Mahasiswa KKN UM sebagai Relawan Pembuatan Masker
Proses Sewing (Dok. Pribadi KKN Sinambung Sanan)

MALANG COVID-19 sudah menjadi hal yang patut kita waspadai dan harus kita lawan bersama, salah satunya dengan disiplin dalam menaati protokol kesehatan demi kebaikan bersama, mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan alat pelindung diri, hingga berlindung dengan tetap berada di rumah. 

Salah satu alat pelindung diri yang perlu kita kenakan dalam masa pandemi ini ialah masker. Masker menjadi barang yang langka dan mengalami kenaikan harga akibat tingginya kebutuhan masyarakat terhadap masker. Universitas Negeri Malang atau biasa disingkat UM, sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi negeri di Kota Malang ikut andil dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Salah satu upaya peduli Covid-19 yang dilakukan oleh UM yaitu kegiatan pembuatan masker gratis yang dilakukan di Laboratorium Praktikum di gedung G6 Jurusan Teknologi Industri, Universitas Negeri Malang. 

Dosen, laboran, tendik, hingga mahasiswa ikut andil dalam proses pembuatan masker ini. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa KKN Sinambung UM sebagai kelompok relawan pembuatan masker. Masker-masker yang telah dibuat ini nantinya akan dibagikan secara gratis kepada Civitas Akademika UM dan masyarakat yang membutuhkan.

Yang dimaksud dengan masker yaitu alat pelindung diri yang sangat penting ditengah pandemi seperti ini. Masker digunakan untuk menutupi setengah dari area wajah dari debu maupun virus. 

Selain itu masker juga menjadi penghalang apabila tangan kita akan menyentuh wajah ketika kita telah memegang benda-benda yang tidak tau terdapat debu atau virus di permukaannya. Desaun masker yang dibuat layaknya masker kain yang beredar di pasaran, ada yang menggunakan tali dan ada yang menggunakan elastic. 

Bahan yang digunakan untuk masker yaitu kain TC (Tetoron Cotton), bahan tersebut merupakan kombinasi dari Polyester dan Cotton. Dikarenakan pihak Universitas Negeri Malang memesan masker kepada pihak Jurusan Teknologi Industri dengan jumlah banyak, maka alat-alat yang digunakan yaitu berhubungan dengan Industri, seperti gunting listrik dan mesin jahit high speed.

Pattern Masker (Dok. Pribadi KKN Sinambung Sanan)
Pattern Masker (Dok. Pribadi KKN Sinambung Sanan)

Cutting Masker (Dok. Pribadi KKN Sinambung Sanan)
Cutting Masker (Dok. Pribadi KKN Sinambung Sanan)

Pembuatan masker yang di lakukan sebagai salah satu proker KKN untuk membantu mencegah penularan virus Covid-19. Produksi masker ini dilakukan di Lab Industri Tata Busana Universitas Negeri Malang, dengan waktu pelaksanaan produksi masker ini selama 2 minggu, dengan durasi waktu 7 jam perhari. Jadi masker yang sudah diselesaikan selama batas waktu yg di tentukan sebanyak kurang lebih 44.000 masker.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x