Mohon tunggu...
mafazatun nurul izzah
mafazatun nurul izzah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

pend.islam anak usia dini / UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Yuk Kenali Lebih Jauh Apa Itu APE

13 September 2021   13:21 Diperbarui: 20 September 2021   08:48 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2017/12/06/1687383942.jpg

     Kehidupan anak usia dini tidak terlepas dari yang namanya bermain dan bermain, hampir 90% dalam 1 hari kegiatan yang dilakukan anak adalah bermain, kegiatan bermain juga sangat menyenangkan bagi anak usia dini dan memiliki banyak manfaat dalam aspek perkembangan anak, sebagai orang tua agar tidak salah dalam memberikan permainan untuk anak, untuk itu orang tua harus mempelajari tentang apa itu Alat Permainan Edukatif dan seberapa pentingnya penyediaan alat permainan edukatif, yuk simak materinya!

    Alat permainan edukatif menurut Tedjasaputra yaitu alat permainan yang dibuat dengan khusus dan terencana untuk kepentingan pendidikan anak usia dini. Dalam melakukan pembelajaran pada anak usia dini harus menggunakan alat permainan sebaga media pembelajaran, dengan menggunakan alat permainan edukatif ini anak akan mau diajak untuk belajar, anak juga akan mudah dalam memahami pembelajaran yang disampaikan melalui bermain, dan pastinya bermain juga mampu mengembangkan aspek perkembangan pada anak. Dunia anak adalah dunia bermain, oleh karena itu kegiatan bermain atau alat permainan sangat tepat untuk berlangsungya pemeblajaran pada anak usia dini.

   Alat permainan edukatif juga memiliki beberapa karakteristik, Adapun karakteristik alat permainan edukatif yaitu :

  • Alat permainan edukatif mampu medorong siswa atau anak usia dini untuk lebih aktif dalam memperhatikan proses bermain yang berlangsung. Dalam melakukan permainan edukatif anak usia dini atau siswa harus ikut serta, tidak hanya gurunya saja, biasanya guru hanya mencontohkan cara bermainya selanjutnya anak yang melakukan sesuai contoh dari gurunya, dalam permainan juga harus ada interaksi antara teman satu dengan teman lainya disini juga perkembangan sosial, bahasa anak akan berkembang, dan masih banyak lagi aspek perkembangan yang akan berkembang.
  • Bentuk mainan yang tidak terstruktur juga penting bagi anak, bentuk mainan tidak harus terstruktur semua ada kalanya bentuk mainan tersebut tidak terstruktur, mengapa harus ada bentuk mainan yang tidak berstruktur? Karena dengan adanya mainan yang tidak berstruktur ini membuat anak belajar tentang permasalahan, permasalahan dari mainan yang tidak berstruktur tersebut, anak akan berfikir untuk mencari solusi dari mainan tersebut, dengan adanya permasalahan ini mengembangkan pola pikir pada anak, sehingga nantinya jika anak sudah besar ketika memiliki masalah tidak kaget dan tahu Langkah apa yang harus dilakukan, walaupun masalah yang didapatkan sangat berbeda dengan masalah yang yang didapat pada wkatu kecil dulu.
  • Setiap mainan yang kita lihat ditoko mainan, dipasar atau lainya tidak hanya bermanfaat untuk menghibur anak akan tetapi mainan yang kita lihat dimana-mana yang dibuat oleh pabrik beberapa mainan tersebut memiliki manfaat atau tujuan tertentu, mainan tersebut didesain secara khusus untuk mengembangkan beberapa aspek perkembangan pada anak.

   Ada beberapa jenis alat permainan edukatif yang harus diperhatikan, jangan asal membelikan mainan kepada anak, alangkah baiknya kita ketahui dulu manfaat dari mainan itu apa, yang terpenting apakah mainan tersebut aman atau tidak untuk anak, yuk kita simak apa saja jenis alat permainan edukatif:

  • Tempat alat permainan edukatif, ada dua tempat yaitu diluar dan didalam ruangan, apa saja alat permainan edukatif yang berada didalam ruangan? Alat permainan edukatif yang ada didalam ruangan yaitu alat permainan yang bentuknya kecil gampang ditata atau diatur contohnya mainan alat dokter, puzzle, ular tangga, alat musik, magnet huruf dan angka, dll. Selanjutnya apa saja alat  permainan edukatif yang berada diluar ruangan? Alat permainan edukatif yang berada diluar ruangan bisanya memiliki bentuk yang lebih besar daripada alat permainan edukatif yang berada didalam ruangan contohnya, ayunan, prosotan, jungkat-jungkit, dll.
  • Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa alat permainan edukatif harus memiliki tujuan aspek perkembangan pada anak yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.
  • Ada beberapa macam alat permainan edukatif menurut beberapa ahli yang telah dikelompokkan sesuai dengan jenis-jenis alat permainan edukatif :
  • Alat permainan edukatif untuk meningkatkan perkembangan bahasa : boneka tangan.
  • Alat permainan edukatif yang diciptakan oleh Montessori : puzzle geometri, papan bidang I dan II
  • Alat permainan edukatif Geogle Cruissenaire : balok Cruissenaire yang digunakan untuk mengenalkan bilangan pada anak.
  • Alat permainan ciptaan Froebel : balok Blockdoss yang terdiri dari balok-belok kecil.

    Dalam pengembangan alat permainan edukatif ada dua macam media, sumber belajar, dan alat permainan edukatif yang berbasis budaya dan berbasis lingkungan. Pembelajaran yang berbasis budaya adalah cara dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menggabungkan dengan unsur budaya, budaya sangat penting untuk itu sejak kecil anak harus dikenalkan dengan apa itu budaya, dengan mengenalkan budaya ini anak bisa saling menghargai antar sesama. Media, sumber belajara, dan alat permainan edukatif yang berbasis lingkungkan, lingkungan yang dimaksud disini yaitu lingkungan alam, lingkungan buatan, lingkungan sosial.

   Pentingnya memiliki alat permainan edukatif di sekolah TK atau RA, sebagai guru di TK atau RA diwajibkan dan harus kreatif,maksud dari kreatif disini yaitu mampu membuat pembelajaran semenarik mungkin, mampu membuat alat permainan edukatif sebagus dan semenarik mungkin. Alat permainan edukatif yang bagus dan menarik tidak harus dibeli dengan harga mahal, Kembali kepada kewajiban guru tadi harus kreatif, guru bisa memanfaatkan barang bekas atau alam yang terdapat dilingkungkannya untuk dijadikan media pembelajaran atau alat permainan edukatif dengan sebagus dan semenarik mungkin, dengan begitu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak dan juga bida mengurangi limbah sampah.

Sumber

Andini, Puspa Pupung dan Anik Lestariningrum. (2018) Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Guslinda, dan Rita Kurnia. (2018) Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV jagad Publishing.

Musfiroh,Tadkiroatun dan Sri Tatminingsi. (2017). Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun