Mohon tunggu...
mafazatun nurul izzah
mafazatun nurul izzah Mohon Tunggu... mahasiswa

pend.islam anak usia dini / UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Emosi dan Temperamen pada Anak

15 Februari 2020   02:21 Diperbarui: 15 Februari 2020   02:24 11 0 0 Mohon Tunggu...

EMOSI

Emosi merupakan persaaan atau afeksi yang timbul ketika seseorang sedang berada dalam keadaan atau situasi yang dianggap penting baginya. Ketika kita membahas masalah emosi, biasanya kita membayangkan emosi perasaan yang dramastis seperti perasaan senang dan amarah yang luar biasa.

Akantetapi emosi juga hal yang keliahtan samar. Seperti perasaan tidak nyaman ketika kita ditempat yang baru, atau perasaan seorang ibu ketika sedang menggendong merawat anaknya.

Para psikolog mengklafisikasikan bahwa rentang emosi dengan berbagai macam klarifikasi, tetapi biasanya semua  kalfikasi  dalam emosi ada yang negative dan posistif. Contoh emosi positif adalah antusiasme, rasa senang, dan rasa cinta. Contoh emosi negatif adalah cemas, marah, rasa  bersalah, rasa sedih.

Perkembangan Emosi

Masa Bayi

Perubahan awal pada perkembangan bayi sangatalah penting. Pada perkembangan awal terdapat 2 emosi. Emosi primer dan emosi yang disadari, emosi primer biasanya muncul pada semua mahkluk hidup kecuali tumbuhan, yang termasuk dalam emosi perimer seperti terkejut, senang, tertarik, marah, takut, jijik, emosi tersebut akan Nampak ketika usia bayi menginjak 6 bulan pertama.

Emosi yang disadari  emosi ini memerlukan kognisi, terutama dalam kesadaran diri yang termasuk dalam emosi yang disadari adalah rasa empati, rasa cemburu, kebingungan. Tangisan merupakan mekanisme yang terpenting yang dimiliki oleh seorang bayi ketika bayi baru lahir, dengan tangisan tersebut menandakan bahwa bayi dalam keadaan sehat, paru-paru telah terisi oleh udara.

Ada tiga jenis macam bayi yang pertama tangisan biasa, yang kedua tangisan marah, yang ketiga tangisan kesakitan. Senyuman juga termasuk cara bayi untuk berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Ada dua macam senyuman pada bayi yang pertama senyuman refleks, yang kedua senyuman sosial.

Ketakutan juga meruapakan emosi yang dialami oleh bayi, biasa rasa takut bayi muncul pada usia 6 bulan dan mencapai puncaknya pada usia 18 bulan.  Hal yang sering bayi takut dan menangis adalah ketika bayi berteu dengan orang asing.

Masa Kanak-Kanak Awal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN