Mohon tunggu...
MBrilliant
MBrilliant Mohon Tunggu... Penulis - Writer

Writing is one of my passions

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

12 Cara Jitu Merawat Pohon Mangga

17 Oktober 2022   14:42 Diperbarui: 17 Oktober 2022   14:54 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pohon mangga salah satu tanaman yang sering dijumpai dan menjadi favorit untuk ditanam. Selain karena buahnya yang segar dan enak, pohon mangga juga dapat memberi kesan sejuk pada rumah. Tentunya agar dapat menghasilkan buah yang banyak, kamu harus memperhatikan dan bertindak untuk merawat pohon mangga dengan baik di rumah.

Mari, langsung saja pada penjelasannya.

Berikut 12 cara merawat pohon mangga yang dapat kamu coba agar pohonmu menghasilkan buah yang banyak :

1. Tanam 2 atau 3 Pohon Mangga
Pohon mangga melakukan proses penyerbukan pada siang hari, dengan adanya 2 atau lebih pohon, bunga pohon mangga tidak mudah rontok. Pohon dengan bunga yang banyak dan sehat akan menghasilkan buah yang banyak juga.

2. Lakukan Pemangkasan Secara Berkala
Merawat pohon mangga dengan memangkas daun-daunnya penting untuk dilakukan, karena akan meningkatkan produktivitasnya. Hal tersebut juga akan memunculkan tunas vegetatif dan generatif sehingga percabangan pohon akan semakin luas dan memunculkan lebih banyak buah.

Pemangkasan juga ternyata dapat membantu menghindari hama penyakit dari pohon, mengurangi kelembapan, dan juga mempercepat tanaman berbuah. Kamu dapat memangkas dahannya menggunakan gunting dahan. Tapi perlu diperhatikan, bahwa pemangkasan daun yang sudah kuning atau terserang hama dan ranting yang tidak menghasilkan buah. Dan bukan memotong habis daun atau bahkan menebang keseluruhan.

Jika daun pohon mangga tidak disisakan, maka pohon mangga tidak dapat menghasilkan buah bahkan mati.

3. Atur Jarak Pohon dengan Rumah
Menanam 2 atau lebih pohon mangga di lingkungan yang sama memang hal yang bagus, namun harus juga mengatur jarak pohon dengan rumah. Perlu diperhatikan jarak ini agar tetap dapat memberikan keseimbangan terhadap zat, unsur hara dan juga air terhadap pohon.

Apabila jarak terlalu berdekatan, pohon akan sulit tumbuh, bahkan tidak dapat berbuah. Selain itu, dengan mengatur jarak antara rumah dengan pohon, kondisi kabel rumah juga tidak terganggu.

4. Taburkan Dolomit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun