Mohon tunggu...
Muhammad Rofii
Muhammad Rofii Mohon Tunggu... Pengajar dan Penulis

Semangat Berkarya

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadhan Penuh Cinta Ketika Berkumpul dengan Keluarga

16 April 2021   11:38 Diperbarui: 16 April 2021   11:42 390 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadhan Penuh Cinta Ketika Berkumpul dengan Keluarga
Foto bersama keluarga/dok.pribadi

Tak bisa dipungkiri bagi setiap orang bahwa Ramadhan merupakan bulan penuh kebahagiaan, bersua merajut asa. Hilir mudik orang-orang perantau pulang ke daerahnya masing-masing untuk berkumpul dengan keluarganya karena sudah sekian lama tidak bersama. Situasi seperti ini sudah menjadi rutinitas di bulan Ramadhan bagi kebanyakan orang.

Hal ini juga dialami oleh para santri yang mondok di pondok pesantren seperti saya. Santri juga tak ubahnya seperti anak rantau, hanya saja mata pencahariannya yang berbeda.

Orang rantau mencari pekerjaan untuk menghasilkan uang sebagai bekal keberlangsungan hidup dalam keluarganya sedangkan santri mencari ilmu sebagai bekal kesempurnaan menjalankan kewajiban beribadah, berkhidmat pada keluarga, masyarakat dan bangsa.

Santri yang tempat tinggalnya jauh dari pondok pesantren seperti saya yang tinggalnya di Kalimantan Barat sedangkan tempat mengais ilmunya di Jawa Timur maka pulang kampungnya tidak setiap liburan pesantren di akhir tahun (liburan Ramadhan) tapi terkadang bertahun-tahun barulah kemudian bisa berjumpa dengan keluarga tercinta.

Banyak faktor yang melatarbelakangi belakangi mereka tidak pulang (mudik) setiap liburan ramadhan antara lain:

1. Karena keinginan pribadi sendiri yang tidak ingin pulang ke tempat kelahirannya tapi ada pula karena keinginan orang tuanya.

2. Jika pulang setiap liburan Ramadhan dirasa kurang berkesan ketika tiba di kampung halamannya.

3. Berkunjung pada keluarga seperti sepupu, paman, dan lain-lain (bagi yang memiliki keluarga di daerah lain).

4. Memanfaatkan momen Ramadan untuk ikut mengaji pondok Ramadhan ke pondok pesantren lain karena kegiatan seperti ini hanya dilaksanakan setiap Ramadhan saja.

5. Yang lebih serius lagi karena kurangnya biaya (ongkos) dalam perjalanan, jika pulangnya menggunakan transportasi laut seperti kapal maka biaya perjalanan lebih murah tapi jika menggunakan transportasi udara seperti pesawat maka biaya lebih mahal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x