Mohon tunggu...
Luzen
Luzen Mohon Tunggu... -

Luzen

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Hidup Minimalis

20 Agustus 2015   06:39 Diperbarui: 9 September 2016   16:11 781
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jangan kaget melihat foto kamar dan isi lemari saya! Ya, saya adalah seorang minimalist :)

Menjalani gaya hidup minimalis itu butuh keberanian! Ini bukan masalah irit, pelit pada diri sendiri atau menyiksa diri. Tapi percaya diri untuk fokus pada hal-hal yang pokok/esensial saja. Yang lainnya? Buang! 

Seorang minimalist harus berani disebut ga gaul, ga fashionable, ga keren, ga punya duit, membosankan, dll. Problem? Sama sekali tidak! 

Keindahan sebuah barang tidak bisa membeli ringannya hidup saya tanpa barang-barang tidak berguna itu. Saya menjadi lebih mudah dalam membersihkan rumah.

Tidak Suka Menyimpan Banyak Barang

Ya, saya tidak suka menyimpan banyak barang. Semakin sedikit barang, saya semakin suka. Melihat kamar saya bersih dengan sedikit barang saya merasa lapang! Melihat isi lemari saya hanya ada dua tumpuk baju dan celana saya merasa menang! Saya bangga tidak menjadi manusia konformis yang tunduk dan mengikuti apa yang dianggap keren dan tren dimata mayoritas. 

Saya tidak gampang tergiur melihat sepatu, tas, asesoris dan pernak-pernik lucu.

Saya justru melihat semua barang kurang berguna itu seperti tumpukan sampah! Gudang stress yang menyesakkan yang harus dihindari.

 

Membeli Barang sesuai Kebutuhan

Mungkin Anda akan terkejut melihat isi lemari saya. Untuk ukuran wanita, mungkin saya akan dikasihani hehehe... Hanya ada 2 tumpuk pakaian di dalam lemari. Saya amat sangat jarang membeli baju, bukan karena tidak ada uang tapi karena saya memang merasa tidak begitu membutuhkannya dan saya bukan pengikut tren fashion. Mungkin setahun hanya sekali dua kali saya beli baju dan sepatu baru (itu juga jika memang dibutuhkan atau sudah rusak). Dan tiap kali saya perlu membeli 1 baju, saya akan hibahkan 1 baju lain yang sudah tidak terpakai sehingga jumlah pakaian saya tidak akan bertambah dan menumpuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun