Mohon tunggu...
Lutvia Sari Jasmine
Lutvia Sari Jasmine Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa semester 7 di Universitas Pembanguanan Jaya

menyukai renang dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Analisa Kasus Data Pengguna Tokopedia Bocor ke Dark Web 2020

25 September 2022   16:16 Diperbarui: 25 September 2022   16:21 1549 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama : Lutvia Sari Jasmine

Nim :2019041106

Dosen : Dr. Geofakta Razali, M. I. Kom

Mata Kuliah dan Kampus : Manajemen Krisis UPJ

         

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang sangat pesat membawa dampak positive disamping itu  ada pula dampak negative dan dapat mempengaruhi sekitarnya. Keuntunganya dengan kemajuan teknologi masyarakat dibuat menjadi lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaan, hadirnya internet juga mempermudah dan mendukung teknologi komunikasi terus berinovasi menciptakan kebaruan.

Dampak positive dari perkembanagan teknologi ialah mempermudah kita sebagai mahluk sosial ada pula dampak negative dari perkembangan teknologi ini yaitu timbul motif kejahatan seperti maraknya hacker atau penjahat yang menelusup di situs digital. Salah satu contoh kasus yang terjadi pada tahun 2020 yaitu Kebocoran data pengguna Tokopedia ke Dark Web.

Pada tahun 2020 sebanyak 91 juta data pengguna lebih dari tujuh juta data merchant yang dibocorkan oleh hacker yaitu ShinyHunters. Setelah di cari tahu ternyaya pelaku menggunakan celah sismtem could di Tokopedia.  Kasus  tersebut membuat tersebarnya identitas pengguna Tokopedia seperti, nomor telephone, pasworad dan alamat rumah pengguna. 

Dalam kasus tersebut Shiny Hunters juga menjual data tersebut ke dunia  maya dengan harga senilai Rp 7o Juta. Kejadian itu tentunya membuat para pengguna Tokopedia merasa kekhawatiran akan data pribadi yang dimilikinya. Tidak tinggal diam pihak Tokopedia mengungkapkan dan melakukan klarifikasi pada para pengguna untuk tidak langsung khawatir karena menurutnya data sensistif akan aman karena sudah terenkripsi. 

Meski dengan steatment begitu ternyata hacker memiliki akan yang lebih licik dengan melakukan share gratis untuk bebberpaa juta dam membuat sandiwara dengan mengunduh data illegal ini secara gratis. Kejadian yang memilukan ini memiliki potensi yang menyebabkan kerugian kepada pengguna Tokopedia.

Perusahaan harus memperhatikan Crisis management Plan dimana perusahaan harus dapat menegendalikan suatu bencana yang akan berdampak bagi bisnis baik itu finansial maupun hukum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan