Mohon tunggu...
Luthfi Lesmana
Luthfi Lesmana Mohon Tunggu... Penulis - Ahli tidur

Merupakan mahasiswa biasa-biasa aja di Fakultas Psikologi UIN Malang. Kecintaannya pada dunia literasi ia salurkan dengan berproses di komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara Regional Malang. Bisa disapa melalui Instagram : @luthfi_lesmana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Raih Cuan Lewat Instagram Reels dan Tiktok: Kelas Strategi Marketing KKM Karangpandan Pride

31 Januari 2022   19:18 Diperbarui: 31 Januari 2022   19:22 556
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dewasa ini, media sosial menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Terlebih tahun 2020 adalah tahun pandemi yang memaksa hampir semua orang berkegiatan dari rumah masing-masing sehingga mendorong peningkatan angka penggunaan media sosial.

Dari sekian banyak media sosial gratis yang bisa ditemukan dan diunduh di "toko aplikasi" daring, Instagram dan TikTok berhak untuk menyandang predikat sebagai media sosial terfavorit yang memiliki banyak pengguna dengan beragam konten yang juga menghibur.

Hal ini menjadi peluang bagi banyak teman-teman yang ingin mengambil benefit dari populernya aplikasi Instagram dan TikTok, baik untuk personal branding maupun untuk bisnis yang dijalankan secara daring.

Sebelum mulai terjun ke dalam dua aplikasi media sosial yang memiliki banyak penggemar ini, kita perlu mengenal terlebih dahulu karakteristik dari Instagram dan TikTok, sehingga kita paham dengan alat dan cara apa kita bisa sukses di keduanya.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak dari teman-teman kita yang masih menempuh di dunia pendidikan yang belum faham bagaimana cara memanfaatkan instagram dan tiktok sebagai media pemasaran. Banyak dari teman-teman hanya menggunakan instagram dan tiktok sebagai konsumen, mereka menggunakannya tanpa tahu bagaimana cara memanfaatkannya.

Sebagai media sosial terbanyak yang dikunjungi 2 miliar pengguna setiap bulannya instagram dan tiktok adalah media yang cocok sebagai tempat untuk mengembangkan diri dan memasarkan produk apa yang kita jual. Dengan begitu kita berhasil memanfaatkan instagram dan tiktok bukan dimanfaatkan olehnya.

Dari beberapa hasil survey kami lakukan di beberapa aktifitas yang menyangkut pemuda karangtaruna dan benerapa santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren Akhlaqul Karimah desa Karangpandan tentang penggunaan Instagram dan tiktok, kami mendapatkan banyak dari teman-teman didesa ini yang hanya menjadikan ke dua media sosial tersebut sebagai hiburan semata dan tidak memanfaatkannya dengan maksimal seperti, membantu memasarkan beberapa UMKM yang mereka kelola. 

Mereka hanya berfikir hanya ingin menjual beberapa barang-barang jualan mereka kepada ruang lingkup desa Karangpandan saja. Padahal dengan adanya media sosial yang mereka miliki, mereka dapat memasarkan barang jualan mereka jauh lebih luas dari ruang lingkup desa Karangpandan ini.

Sesuai program kerja yang telah kami KKM-DR desa Karangpandan Divisi Ekonomi buat untuk mengadakan seminar akhirnya kami ajukan izin pengajuan kepada SMK BUDI MULIA melakukan kegiatan yang bertempat di Aula rapat SMK Budi Mulia Jurusan Pemasaran dengan judul "Pemanfaatan Instahram Reels dan Tiktok sebagai Media Pemasaran di Era Digital". 

Berikut beberapa materi yang kami paparkan pada isi seminar yang menyangkut pemasaran Instagram Reels dan Tiktok di Era Digital: Instagram Reels dan TikTok merupakan salah satu platform yang sedang digemari saat ini sebagai media sosial untuk berbagi video. 

Konten yang bisa ditemukan di TikTok sangat beragam, mulai tayangan terkait kreativitas, video unik, challenge yang sedang viral, bernyanyi, menari, lipsync lagu, dan lain sebagainya. 

Saking banyaknya pengguna media sosial juga sebagai pengguna Instagram Reels dan TikTok, maka jelas peluang untuk melakukan promosi di platform ini terbuka lebar. Jadi, inilah 5 strategi marketing lewat Instagram dan TikTok yang patut teman-teman coba.

5 Strategi Marketing Lewat Instagram Reels dan TikTok yang Patut Teman-Teman coba!

* Menggunakan Hashtag yang Sesuai Beberapa brand ataupun pengusaha online diketahui sudah cukup banyak yang melakukan strategi marketing lewat TikTok karena faktanya memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Jangkauan wilayah pengguna Instagram dan TikTok sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan paruh baya, semuanya tertarik menonton Instagram Reels dan TikTok sebagai hiburan yang menyegarkan. 

Karena itu, Instagram Reels dan TikTok menjadi media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media promosi online. Sekarang tinggal bagaimana teman-teman menerapkan digital marketing strategy yang tepat sehingga bisa menjangkau pengguna Instagram dan TikTok tersebut. 

Salah satu strategi marketing lewat Instavram Reels dan TikTok yang patut dicoba adalah menggunakan hashtag. Hashtag merupakan penanda untuk suatu bahasan tertentu agar mudah ditemukan, biasanya dengan menyertakan tanda tagar (#).

Artinya, ketika Anda mencari suatu bahasan, nama, peristiwa, bahkan produk, dengan menggunakan hashtag tertentu, Anda akan mudah menemukannya. Awalnya, hashtag digunakan di Twitter. Sejalan dengan waktu juga digunakan di berbagai media sosial, termasuk Instagram dan TikTok. 

Dengan menggunakan hashtag tertentu pada caption, Anda akan membantu konsumen untuk menemukan produk, jasa, maupun brand usaha Anda. Konten video Instagram Reels dan TikTok sangat bergantung pada hashtag. 

Ketika Anda memilih menu discover, video yang muncul diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. Agar video yang dibuat bisa muncul, maka pilihlah hashtag yang lebih spesifik dan bisa menjadi ciri khas Instagram dan TikTok Anda.

* Mengikuti Tren dan Membuat Konten Menarik Strategi marketing lewat Instagram Reels dan TikTok mengandalkan video yang berisi berbagai hal yang sedang tren dan diminati banyak orang. 

Dengan tujuan memenuhi keinginan banyak orang akan suatu video hiburan, Anda perlu memikirkan dan merancang konten menarik seperti apa yang akan ditayangkan dalam video Instagram Reels dan TikTok teman-teman. 

Hanya saja perlu diketahui, tren di Instagram Reels dan TikTok cepat berubah. Jadi ketika mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan produk atau jasa yang hendak Anda promosikan, atau Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda, segeralah membuat kontennya. Jika tren berlalu, Anda perlu memantau tren selanjutnya yang mungkin terjadi sehingga promosi yang Anda lakukan tepat sasaran.

* Melakukan Kolaborasi dengan Influencer Instagram Reels dan TikTok Strategi marketing lewat Instagram Reels dan TikTok bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan memikat lebih banyak audiens. Agar tujuan meraih pasar yang lebih luas ini, Anda bisa pula berkolaborasi dengan influencer Selebgram dan TikTok. 

Untuk melakukan kolaborasi, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut. Hal berikutnya yang juga penting, Anda perlu mengetahui secara pasti dengan influencer seperti apa yang ingin Anda ajak bekerja sama. Untuk itu, lakukan analisis terlebih dahulu mengenai audiens dari influencer tersebut. 

Apakah audiens mereka sesuai dengan target pasar Anda atau tidak. Jika memang sesuai, maka kolaborasi bisa dilakukan. Jangan lupa gunakan fitur Duet with Me yang akan membuat kolaborasi bisa lebih interaktif.

* Membuat Deskripsi yang Jelas Seseorang akan tertarik untuk melihat video atau konten yang dibuat jika terdapat deskripsi yang jelas. Deskripsi yang dipadukan dengan hashtag merupakan strategi marketing lewat Instagram Reels dan TikTok yang bisa dianggap jitu. Sebab, hashtag bisa mendatangkan lebih banyak penonton, sementara deskripsi akan membuat seseorang lebih memahami konten yang dibuat. 

Selain membuat deskripsi yang jelas, Anda dapat memanfaatkan berbagai efek yang tersedia di Instagram dan TikTok agar video menjadi lebih unik dan menarik, seperti efek trending, new interactive, funny, world, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan efek layar hijau yang memungkinkan Anda mengganti latar belakang video.

* Sering Posting Video dan Sesekali Beriklan Cara terakhir yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan posting video Instagram Reels dan TikTok. Banyaknya video yang diunggah tentu akan membuat lebih banyak orang mengunjungi akun Anda. Mereka yang berkunjung biasanya tidak hanya melihat satu video, namun bisa beberapa video sekaligus. 

Maka semakin banyak video yang Anda unggah membuka peluang semakin banyak pula video yang mereka tonton. Jika pengunjung Instagram dan TikTok Anda sudah banyak, tak ada salahnya sesekali memasang iklan di TikTok sebagai call to action dan mencapai tujuan dari social media and digital marketing yang Anda targetkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun