Mohon tunggu...
Lutfia Nadhif
Lutfia Nadhif Mohon Tunggu... Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Aksi Tanggap Mahasiswa KKN UNS Pencegahan Covid-19 di Desa Tempuran, Colomadu, Karanganyar

2 Agustus 2020   22:58 Diperbarui: 2 Agustus 2020   23:06 9 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aksi Tanggap Mahasiswa KKN UNS Pencegahan Covid-19 di Desa Tempuran, Colomadu, Karanganyar
Dok. pribadi

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk mendorong mahasiswa dalam memberi kontribusi ke desa-desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKN ini difokuskan untuk mengembangkan pemahaman dan pengetauhan masyarakat tentang virus Covid-19. Univeritas Sebelas Maret menerjunkan mahasiswanya untuk menjadi Relawan Tanggap Pandemi COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya domisili asal mahasiswa KKN tersebut. Salah satu Desa yang berkesempatan mendapatkan relawan COVID-19 UNS adalah Desa Tempuran, RT 4 RW 6 Kelurahan Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Dinda Vemiyolita (K3217023) yang merupakan mahasiswa Pendidikan Seni Rupa di Universitas sebelas maret merupakan salah satu dari ribuan mahasiswa yang terjun sebagai relawan COVID-19 di daerahnya masing-masing. Dinda melakukan kegiatan KKN di Desa Tempuran, RT 4 RW 6 Kelurahan Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar Fokus progam kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa Angkatan 2017 ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai virus corona.

Progam kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang virus corona dan bagaimana pencegahannya. Kegiatan KKN ini dilakukan selama 40 hari, dan sudah di selesaikan dengan baik, lancar dan sesuai dengan rencana. Progam kerja dilaksanakan oleh Dinda meluputi Memberikan sosialisasi peahaman virus corona melalui media sosial; Sosialisasi pembuatan masker, disinfektan, handsanitizer dan ember pencuci tangan; Memberi peluang usaha bagi pelaku UKM penjahit yang ada di desa; Pembuatan poster dan mmt tentang pemahaman COVID-19; Pembuatan video mengenai pemahaman COVID-19 yang bisa dibagikan melalui Sosial Media (WhatsApp, YouTube, Instagram, Twitter); Memberikan arahan untuk menanam tanaman apotek hidup; dan mengenalkan media cat air kepada anak-anak.

Seluruh progam kerja sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan rencana. Desa Tempuran, RT 4 RW 6 Kelurahan Bolon pun berpartisipasi di seluruh progam kerja dengan baik dan penuh antusias. Masyarakat mengaku lebih dapat memahami apa itu virus corona dan bagaimana pencegahannya. Masyarakat sudah mulai menerapkan protocol Kesehatan seperti memakai masker, selalu mencuci tangan, melakukan physical distancing dan lain-lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x