Mohon tunggu...
Lutfi Dyah Ariani
Lutfi Dyah Ariani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang menjalankan studi di Universitas Pendidikan Indonesia, Prodi Pendidikan Tata Busana-S1

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Prodi Pendidikan Tata Busana-S1

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Menjadikan SMP (Senam Minggu Pagi) Sebagai Pola dan Perilaku Hidup Sehat di RW 06 Kelurahan Hegarmanah

10 Agustus 2022   12:05 Diperbarui: 10 Agustus 2022   12:19 68 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Salah satu program unggulan dari Pusat Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan dan pengembangan KKN LPPM UPI tahun ajaran 2021/2022 berupa KKN Tematik. Tema besar dari pelaksanaan KKN Tematik Upi ini yakni “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa”. Kurang lebih terdapat 7000 mahasiswa UPI yang diterjunkan ke desa/kelurahan untuk melaksanakan KKN Tematik.

Pelaksanaan kegiatan KKN Tematik dimulai dari tanggal 11 Juli 2022 hingga 10 Agustus 2022. Dalam jangka satu bulan kegiatan mahasiswa difokuskan ke pengabdian di desa/kelurahan masing-masing yang telah di atur oleh LPPM UPI. Dan tentunya mahasiswa melaksanakan program kerja yang telah direncanakan untuk direalisasikan di desa/kelurahan sesuai dengan tema yang telah di tentukan.

Sehubung dengan Pandemi Covid-19 yang sepenuhnya belum usai Kegiatan KKN Tematik UPI dilaksanakan secara daring. Teknis pelaksanaan dari KKN Tematik ini dengan menyebarkan seluruh mahasiswa sesuai dengan domisili tempat tinggal rumah atau kost sesuai data yang telah di input oleh mahasiswa di laman LPPM. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang berisi kurang lebih 30 orang dengan tema yang berbeda disetiap kelmpoknya. Untuk kelompok 36 mendapat tema “Sehat dan Sejahtera” dan ditempatkan di Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.  

Kegiatan KKN Tematik ini memang dilaksanakan secara daring, namun seiring dengan berjalannya waktu, kondisi Covi-19 di Indonesia mengalami penuruanan, sehingga beberapa kegiatan yang melibatkan banyak orang mulai diperbolehkan, tentu kesempatan ini tidak disia-siakan oleh ibu-ibu RW 06 bersama mahasiswa KKN yaitu dengan mengadakan kegiatan SMP (Senam Minggu Pagi).

Dokumen Pribadi 
Dokumen Pribadi 

Olahraga senam sangat populer terutama di kalangan ibu-ibu, senam menjadi pilihan banyak orang karena gerakannya yang mudah untuk dilakukan, menyenangkan dan tentunya bermanfaat untuk tubuh. Selain itu senam bisa dilakukan di banyak tempat baik di ruangan tertutup maupun terbuka.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Kegiatan senam dilaksanakan pada hari minggu 31 Juli 2022 di lapangan parkir Masjid Al-Hikmah, RW 06 Kelurahan Hegarmanah. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 30 orang, kegiatan senam di pimpim oleh instruktur Ajo yang tentunya sudah berpengalaman menjadi instruktur senam. Kegiatan senam diawali dengan membaca doa oleh instruktur Ajo, dalam kegiatan senam ibu-ibu sangat bersemangat yang terlihat jelas dari gerakannya. Senam berlangsung kurang lebih selama 2 jam.

Informasi yang diperoleh dari koordinator senam yaitu ibu Angel, kegiatan senam di rw 06 Kelurahan Hegarmanah sudah pernah ada dan diadakan setiap minggu. Karna adanya Covid-19 himbauan dari pemerintah, masyarakat diharapkan jaga jarak dan dilarangnya berkerumunan. Sangat disayangkan kegiatan senam minggu pagi terpaksa dihentikan, tetapi setelah adanya kelonggaran dari pemerintah mengenai Covid-19 yang mulai mengalami penurunan, senam ini akan mulai rutin diadakan setiap minggunya.  

“Memang setiap minggu pagi ada senam neng di lapangan parkir ini, tapi karna ada Covid-19 jadi berhenti senamnya, terus ini baru mau di mulai lagi dan alhamdulillah ibu-ibunya juga antusias ikut neng” ujarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan