INOVASI PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)
 BERBASIS SOAL HOTS TERHADAP
PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD
Oleh :
Lusi Dhea Agustin
2002101095
Universitas PGRI Madiun
Email : lusidhea56@gmail.com
Jejak pendidikan di Indonesia memiliki sejarah yang begitu hebat dan banyak. Bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara pernah berkata dalam pidatonya bahwa, dalam pendidikan yang ada di Indonesia ini kurang satu hal yaitu guru belum bisa memahami potensi yang dimiliki peserta didik. Guru menganggap bahwa semua peserta didik itu memiliki kemampuan yang sama. Alhasil dengan pemikiran yang seperti ini anak menjadi kurang diperhatikan. Guru terus menuntut anak untuk bisa terhadap semua hal. Oleh karena itu, anak kurang merasakan suatu kebebasan dalam belajar. Konsekuensinya jika guru ingin memberikan yang terbaik bagi murid guru sudah selayaknya memahami bahwa beda siswa, beda cerita.
Guru adalah simbol peradaban pendidikan manusia, bayangkan saja jika negara kita tidak ada gurunya, dapat dipastikan NKRI ini akan dijajah oleh bangsa kolonial lagi. Adanya seorang guru merupakan aset negara yang perlu dipertahankan meskipun teknologi semakin canggih dan mengalahkan kecerdasan seorang guru. Kita tentunya jangan membuka diri untuk terjerumus pada efek negatif teknologi. Untuk dapat mengenali dan menggali teknologi ke hal yang lebih spesifik, tentu kita harus dapat mengusulkan suatu pola pendidikan yang saling terintegrasi antara teknologi, budaya, karakter, dan ilmu.