Mohon tunggu...
Lupita Regina Cahyani
Lupita Regina Cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuliah Itu Penting Gak sih?

29 September 2022   17:49 Diperbarui: 29 September 2022   17:52 114 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belajar adalah suatu proses di mana kita memperoleh pengetahuan keterampilan atau makna dari apa yang sudah kita pelajari .menurut Charles fitur dan koleganya belajar adalah di mana seseorang mengembangkan sikap kemampuan yang kita peroleh dan nilai nilai praktis atau teknis untuk mencapai kompetensi social untuk menyelesaikan permasalahan dan perkembangan dari semua Bahasa. 

Tujuan belajar ini bisa kita artikan bahwa untuk mensibtusikan mindset dalam diri kita atau pikiran kita yang sebelumnya belum tidak tau apa apa menjadi tau.dalam menempuh suatu pendidiikan kita harus memilki jiwa growing Milagros mixed karena kita harus keluar dari zona nyaman, kita harus mencoba suatu hal yang baru dengan nilai positif. dalam sebuah Pendidikan pasti ada yang namanya nilai akademik  , nilai akademik itu sangat penting karena otomatis akan melengkapi potpoin kita.asal kita tau potpoin ini bukan akhir dari tujuan Pendidikan yang sebenarnya, karena Pendidikan ini bukan tentang nilai IPK ,bukan dia lulusan mana,sekolah dimana namun Pendidikan itu skill apa yang sudah kita dapat selama menempuh pendiidkan.

MENGAPA KULIAH ITU PENTING

Kuliah bukan tentang pengetahuan saja , jika kita mau mencari pengetahuan bisa kita dapatkan di mana saja bahkan dari handphone aja ada. Terus apa yang kita cari selama kuliah ? selama kuliah yang kita cari sebenarnya pola berfikir dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada di lingkungan kita , karena pada dasarnya permasalahan pasti ada entah itu antar individu maupun kelompok.selama kuliah kita juga kan mendapatkan ilmu yang belum kita dapat di sekolah sehingga kita memilki bekal untuk kita bekerja . Jadi kita kuliah  atau menempuh Pendidikan ini itu untuk membentuk pola fikir yang kritis untuk menyelesaikan permaslaahan. 

Tapi ada juga orang yang pengen kuliah tapi terhalang adat istiadat mereka karena biasnaya adat mereka itu membatasi Pendidikan, tidak usah menempuh lama -- lama nanti akan mengahalangi jodoh , Ada juga keterbatasan ekonomi  sehingga remaja lebih baik kerja buruh terus dapat uang di banding kuliah sehingga dia menganggap kuliah tuh tidak penting. Jadi kita harus mendobrak bahwa Pendidikan ini tidak akan mengalangi Jodoh dan rezeki  namun kita harus bangkit dari zona nyaman untuk membangun skill yang cukup efektif untuk membantuk permaslahan yang ada di masyarakat.

APA SIH BERFIKIR ITU ?

Berfikir adalah suatu di mana seseorang mencari gambaran untuk menyelesaikan suatu permasalahan tersebut contohnya : jika perkuliahan mau selesai pasti ada yang nama nya ujian akhir atau bisa kita sebut ( SKRIPSI ). Skripsi ini di mana kita mencari permasalahan di lingkungan masyarakat dengan menganalisa habis itu kita mencari soulusi yang bermanfaat bagi masyarakat tersebut. Lewat skripsi ini kita dapat berfikir dengan kritis untuk memecahkan suatu masalah.

Seseorang akademis dari university of british Columbia juga mengatakan bahwa pendidkan tinggi atau kuliah bukan tentnag memperoleh tingkat pengetahuan yang lebih tinggi tetapi mendorong untuk kita bisa check in action melakukan perubahan dalam diri kita. Pendidikan tinggi ini dapat merangsang inovasi perkembangan dan pertumbuhan dalam diri kita.

CARA AGAR KULIAH TIDAK SIA SIA.

  • Tentukan tujuan , jadi kita harus menentukan tujuan kita untuk kuliah tersebut agar kitab isa menikmati proses kita bertumbuh dari activity tanpa ada beban.kuliah makin kesini akanlebih berat karna itu pilih jurusan yang tepat karena masa perkuliahan bukanlah harian malinkan tahunan.
  • Pola berfikir, dalam kehidupan paasti kita akan bertanya tanya siapa kita , bagaimana car akita berfikir, dan menyelesaikan sebuah permasalahan yang justru ini adalah bagian penting dari Pendidikan karna itu kuliah sangat membantu untuk membentuk karakter kita . kalua memang tujuan akhirnya proses pembentukan karakter pasti kita gak akan pernah cukup kalua kita hanya sekedar mengandalkan proses belajar

APAKAH KULIAH MENJAMIN UNTUK KITA SUKSES

Kuliah memang tidak menjamin kesuksesan namun skill yang kita dapat selama kuliah tersebut bisa kita gunakan di dalam kehidupan kita. Jadi sebagai mahasiswa kita hraus belajar sebanyak -- banyaknya karena banyak kesempatam penalaman contohnya kitab isa mengikuti organisasi , wbinar dan seminar dari sini kita akan mendapatkan skill atau pengalam dari apa yang sudah kita ikuti tersebut.sehingga jika kita udah lulus kita sudah menghadapi lautan bebas di mana sudah tidak terukur lagi tapi jika kita mempunyyai bekal dalam skil yang udah kita dapat maka kita sudah mempunyai plenning untuk kedepanya kita mau jadi apa sehingga  kita tidak akan tersingkirkan d engan sendirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan