Mohon tunggu...
Lulu Mujayanah
Lulu Mujayanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Sebelum menjadi kupu kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Stres karena Beruntusan Tak Kunjung Hilang, Solusi dan Penyebab Beruntusan

10 November 2022   21:20 Diperbarui: 10 November 2022   21:43 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sebelumnya saya pun pusing dan bahkan pesimis karena beruntusan dijidat yang mengakibatkan kurangnya percaya diri saat berada di kerumunan orang dan selalu Insecure terhadap orang lain yang memiliki wajah mulus tanpa adanya beruntusan maupun jerawat diwajahnya.  Selalu bertanya- tanya apa penyebab beruntusan ini? Apa sudah takdir kita seperti ini. Upssss tidak boleh ya, Yuk cek apa saja penyebab dan solusi beruntusan itu.

Beruntusan adalah kondisi dimana muncul permukaan yang terasa tidak rata dan kasar pada kulit wajah dan bila diraba beruntusan seupa bintik-bintik kecil yang bergerombolan dikulit. 

Sebenarnya beruntusan tidak hanya muncul diwajah saja melainkan dapat tumbuh dibagian kulit yang lain. Namun beruntusa sering kali muncul di wajah melainkan dibagian kulit lain. 

Bagian wajah yang mengalami beruntusan biasanya bagian T-zone seperti jidat , dagu, dan hidung. kondisi ini sebenarnya sangat umum dialami oleh tiap orang dan bahkan remaja dalam masa pubertas sering muncul beruntusan yang penyebabnya sendiri cukup banyak maulai dari paparan sinar matahari , menumpukknya sel kulit mati, terkena debu atau kotoran dari luar sehingga penggunaan produk skincare terntentu yang kandunganya tidak cocok dengan kulit kita. Hayo siapa yang sering gonta-ganti skincare karena ingin menghilangkan beruntusan?.

Penyebab kulit beruntusan 

1. tidak menjaga kebersihan terhadap alat make up 

kebersihan alat make up merupakan hal utama karena dengan membiarkan tidak merawat kebersihan alat make up kita akan memberikan kesempatan pada bakteri dan jamur untukbersarang dikulit wajah kita. hal ini menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah termasuk munculnya beruntusan yang disebabkan jamur. \

Mulai sekarang rajin membersihkan alat make up ya kalau memang sudah tidak layak pakai sebaiknya diganti dengan yang baru. 

2. tidak membersihkan wajah dengan benar

seharian beraktivitas pasti banyak debu polusi dan sisa make up yang menempel diwajah, Nah, hal ini bisa meyebabkan kulit kita beruntusan. sisa kotoran dan minyak diwajah yang engga kamu bersihkan dengan baik akan berpotensi menumpuk dan menjadi residu pada pori-pori wajah dan muncul beruntusan diwajah. 

3.  Produksi keringat yang berlebih 

padanya aktivitas kita diluar dan terpapar matahari dapat membuat tubuh memproduksi keringat secara berlebihan yang berakibatkan munculnya beruntusan diwajahmu. dan juga bisa membuat kelenjar keringat pada kulit  tersumbat. akan mengakibatkan kulit wajah iritasi, berwarna kemerahan, dan akhirnya muncul beruntusan di area wajah.

4.  Tidak cocok dengan kandungan skincare yang kita pakai 

setiap wanita melakukan perawatan pada kulit wajahnya agar mendapatkan kulit yang  sehat dan cantik.berbagai cara ditempuh salah satunya menggunakan skincare. Namun siapa sangka ternyata tidak semua skincare cocok untuk dipakai segala jenis kulit ya. skincare ibarat memilih jodoj jadi kamu harus memilih mana yang cocok dana mana yang tidak. 

Tips menghilangkan beruntusan 

  • bersihkan wajah dengan double cleansing 

  • pakai pelembab secara rutin 

  • gunakan suncreen secara rutin 

  • lakukan eksfoliasi secara berkala 

  • minum air putih dengan cukup 

  • olahraga secara teratur dan jaga pola makan makanan sehat

Rekomendasi Skincare penghilang beruntusan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun