Setiap individu mengalami perkembangan yang terjadi sejak usia dini hingga dewasa, perkembangan tidak dapat diukur tetapi dapat dirasakan. Perkembangan bersifat maju kedepan ( progresif ), sistematis dan berkeseimbangan.
Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-5 tahun. Pada usia tersebut perkembangan terjadi sangat pesat dapat diistilahkan usia emas ( golden age ) yaitu setiap individu mengakami usia dini hanya saja dapat terjadi hanya satu kkali dalam fase kehidupan setiap manusia sehingga keberadaan usia dini tidak boleh disia-siakan.
Beberapa orang menyebut fase atau masa sebagai golden age karena masa ini sangat menentukan seperti apa merela kelak jika dewasa baik dari segi fisik, mental maupun kecerdasan. Sedangkan hakikatanak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertembuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosioemosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui anak tersebut.
Aspek perkembangan anak
perkembangan fisik motorik
perkembangan bahasa
perkembangan kreativitas
perkembangan sosialÂ
perkembangan kognitif
Perkembangan anak tidak sama dengan pertumbuhannya bila pertumbuhan menjelaskan perubahan dalam ukuran, sedangkan perkembangan adalah perubahan dalam kompleksitas dan fungsinya. Pada perkembanan anak usia dini awal masa kanak-kanak , anak sudah mempunyai kemampuan untuk dapat berjalan dengan baik dan sudah mulai dapat mengkomunikasikan keinginannya, pikirannya dengan menggunakan bahasa lisan. Pada dasarnya pendidikan usia dini ( prasekolah ) dapat membantu pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani anak didik diluar lingkungan keluarha sebelum memasuki pendidikan dasar. Â
tugas perkembangan anak usia diniÂ
toliet trainingÂ
belajar membedakan jenis kelaminÂ
belajar berbicara
belajar membedakan mana yang baik dan tidak
menguasai konsep yang sederhana, seperti bentuk, binatang, buah, dan lainnya
prinsip perkembangan anak usia diniÂ
perkembangan berlangsung sepanjanjang hayat dimulai sejak masa pertemuan sel ayah dan ibu ( masa konsepsi ) dan berakhir pada saat kematian, perkembangan individu bersifat dinamis perubahan kadang lambat tetapi bisa juga cepat berkenaan dengan salah satu aspek-aspek perkembangan yang di jelaskan diatas tadi. prinsip perkembangan anatara lain :Â
- perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspekÂ
- setiap individu memiliki irama dan kualitas perkembangan yang berbeda
- perkembangan secara relatif beraturan.
perkembangan anak usia dini mempunyai peran penting yangharus diketahuo agar kita dapat memahami perkemabngan anak dan meniyiapkan berbagai strategi untuk menstimulasinya sehingga perkembangan anak menjadi optimal.Â