Mohon tunggu...
Lulu Mujayanah
Lulu Mujayanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Sebelum menjadi kupu kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Menjaga Kesehatan Kulit dengan Benar Setiap Hari Agar Terlihat Cantik

6 November 2022   22:30 Diperbarui: 6 November 2022   23:19 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kulit sehat tidak datang dengan sendiriny, untuk mendapatkan kulit yang sehat kita harus menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi maupun menggunakan produk-produk perawatan kulit.

Wajah kompasianer sehat tidak ya ? mungkin sehat, tapi khan ngga semua kompasianer kulit wajah nya sehat ya. demi kelihatan cantik, bnayak kompasianer yang rela menghabiskan uang untuk melakukan operasi kecantikan agar kelihatan glowing sempurna seperti Nagita Slavina, sehingga sekarang bermunculan produk-produk kecantukan dan bervariasi dari yang terjangkau sampai yang mahal.

 kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusai yang terdiri dari beberapa lapisan. setiap lapisan kulit memiliki fungsi masing-masing. epidermis sebagai lapisan terluar berfungsu untuk melindungi kulit dari berbagai hal yang menyebabkan kerusakan kulit, seperti debu, kuman, dan paparan sinar matahari.

Di bawah epidermis ada lapisan dermis yang terdiri dari pembulu dara, folikel rambut, dan kelenjer minyak. lapisan terakhir jaringan subkutan yang berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal. 

seiring berjalannya waktu, kondisi kulit mengalami penuaan dan bahkan kerusakn sehingga fungsinya terganggu. Oleh karena itu sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan ketahanan organ pelindung ini dengan melakukan perawatan kulit secara rutin.

Faktor penyebab kerusakan kulit 

sebekum menjaga kesehatan kulit, penting untuk mengetahui lebih dulu faktor-faktor yang berisiko menyebabkan kerusakan kulit, yaitu : 

  • stres 
  • kebersihan kulit tidak terjaga 
  • kurang konsumsi buah dan sayuran 
  • konsumsi gula buah dan sayur 
  • paparan bahan kimia
  • penuaan 
  • paparan sinar ultraviolet  ( UV ) yang berlebihan

kerusakan yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, dari iritasi , jerawat, kerutan, noda hitam, bahkan kanker kulit. 

Cara menjaga kesehatan kulit 

1. Gunakan SPF 

penggunaan tabir surya mengandung SPF dan PA yang mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV yang berlebihan, seperti iritasi, penuaan dini, hingga kanker kulit. untuk mendapatkan pelindungan gunakan tabir surya yang mengandung SPF min 30 dan ulangi penggunaannya setiap 2 jam sekali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun