Mohon tunggu...
lulu mayla tasya
lulu mayla tasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hobi saya menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Inilah Kisahku

21 September 2022   22:16 Diperbarui: 21 September 2022   22:18 580
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hallo...

Namaku Lulu Mayla Tasya, kalian bisa panggil namaku Tasya. Sekarang usiaku sudah menginjak 18 tahun. Aku seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Jakarta. Aku anak ke-1 dari 3 bersaudara. Setiap Pagi Pukul 05:00 aku bangun dari tempat tidurku,lalu pergi ke kamar mandi untuk mandi dan setelah itu tidak lupa untuk mengambil air wudhu dan langsung melaksanakan sholat subuh. Setelah sholat aku baru merapikan tempat tidur ku. Lalu aku mempersiapkan sarapan pagi sebelum aku pergi ke kampus. Sebelum ke luar rumah aku pamit dulu kepada orang tuaku, aku mencium tangan orang tua ku  lalu aku mencium pipi dan keningnya dan aku juga berpamitan dengan kakek nenek ku. Aku pergi ke kampus diantar menggunakan motor oleh papaku, jarak rumah ke kampusku sekitar 1/2 jam. Selama di perjalanan aku dan papaku membicarakan bagaimana aku selama di kampus, "Gimana rasanya ka di dunia perkuliahan" kata yang keluar dari mulut papaku, lalu aku menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh papaku "Yaa seru si pa banyak pengetahuan yang belum aku tahu dan di kampus aku jadi tau banyak hal tapi ada makna kata dan materi kuliah yang sulid buat aku pahami pa, tugasnya juga banyak tapi kebanyakan itu tugas kelompok". Lalu kata papa " ga apa-apa ka pelan-pelan nanti kamu pasti mengerti dan kamu juga jangan males buat belajar, kalau ada yang tidak kamu pahami kamu bisa tanya ke papa selama  kamu di kampus juga harus aktif dan harus cari tau apa yang kamu ga tau. kamu harus semangat kuliahnya dan bahagiakan diri kamu dengan cara lulus nilai terbaik". Tidak terasa sampailah aku dan papaku di kampus lalu akupun berpamitan dan mencium tangan papaku,Kumulai untuk menuju ke kelas, ketika sampai dikelas aku mengobrol dengan temanku sekaligus menunggu dosen masuk kelas untuk mengajar. Dikampus aku sering bermain dengan teman- temanku, temandekatku ada lima mereka bernama Puji, Bethari, Devi, Ashfa dan Imeh. Aku sama mereka selalu kumpul di kantin untuk makan bersama, temanku yang bernama puji rumahnya ini dekat dengan penjual risol margo yang viral di sosial media makanya kita minta tolong puji untuk membelikan 5 risol dan ada teman ku juga yang penasaran dengan risol margo ini makanya dia membeli  6 risol. Keesokan harinya puji kabarkan ke kita bahwa ia tidak kebagian risol margonya karna risolnya udah abis dibeli tapi besoknya puji bangun lebih awal untuk membeli risolnya dan akhirnya risolnya berhasil kebeli. 

Di jam istirahat puji membagi-bagikan pesanan risol itu, kami meledeki puji dengan berkata "temen-temen siapa yang mau beli risol margo si puji jualan ayoo di belii" dan puji pun pasrah tidak bisa berkata apa-apa. jam pun menuju angka 12.00 saatnya aku dan temanku untuk melaksanakan sholat dhzuhur,kamipun segera bergegas ke mushola untuk menunaikan sholat, setelah sholat kami menunggu jam kuliah selanjutnya. Aku dan teman-temanku berencara nanti pulang kuliah untuk jajan di samping masjid Fatullah katanya jajanan di daerah sana itu enak-enak apa lagi ayam bakar yang ada di belakang Universitas itu enak banget,kita membahas makanan yang ada di sekitar Universitas tiba-tiba puji,bethari, dan imeh berkata "aaduhh jadi laper deh" dan ada salah satu teman kami yang menawarkan makanan lalu akhirnya kita makan bareng - bareng. Waktu pun berjalan cepat jam pembelajaran pun mulai lagi akhirnya kita bergegas untuk menuju ke kelas, kita belajar tentang ilmu ibadah dan qiroah yang di ajarkan oleh Ibu Nuriyah, kita membahas materi tentang najis. Jam pembelajaranpun selesai akhirnya kita tidak lupa untuk pergi jajan ke Fatullah, setelah jajan aku dan Imeh menunggu busway untuk pulang ke rumah, setelah sesampai di rumah aku mencium tangan orang tua ku dan kakek nenek aku langsung bergegas untuk mandi. 

Pukul 17.49 azan maghrib pun berkumandang  aku langsung bergegas untuk ambil air wudhu, setelah selesai sholat aku membantu mamaku untuk membersikan rumah, lalu selesai membersikan rumah orang tua ku selalu bertanya kepada ku atau adikku tentang bagaimana tadi di sekolah ataupun di kampus, kami selalu bercerita kejadian apa yang tadi aku dan adikku lakukan. Pukul 18.58 Azan isya pun berkumandang akhirnya kami melaksanakan sholat isya berjamaah dan selesai sholat kita berdoa bersama, selesai solat Aku dan adikku mengerjakan tugas bersama di kamarku, aku selalu mengajari apa yang adikku tidak pahami, sesaat kita sedang mengerjakan tugas mamaku berteriak "kakaaa adee sini makan dulu nanti baru lanjut kerjain tugasnya", kami pun langsung bergegas menghampiri meja makan untuk makan bersama, setelah selesai makan aku membantu mama untuk mencuci piring dan aku langsung melanjutkan tugas kuliahku. waktupun semakin berlalu,dan menunjukan pukul 21.00 aku merapikan peralatan belajar aku dan aku tidak lupa untuk sikat gigi, cuci tangan dan kaki sebelum tidur, setelah selesai aku beranjak ke tempat tidurku tetapi aku selalu melakukan hal buruk sebelum tidur, aku selalu overthingking. Aku selalu memikirkan kemampuan cara berpikir orang lain yang cerdas,kritis, mampu memahami materi begitu mudah dibandingkan aku, aku memikirkan tentang orang-orang yang aku sayang nanti akan pergi ninggalin aku selamanya, aku suka memikirkan perilaku dan cara bicara aku kepada orang lain karna aku takut nanti menyinggung perasaan dia, aku memikirkan karir ku selanjutnya karna aku takut tidak bisa membahagiakan orang tua ku. 

Aku selalu insecure kepada orang lain yang berpenampilan cantik dan berpemikiran cerdas, aku selalu bertanya kepada tuhan dan kepada diriku kenapa aku tidak bisa seperti dia, aku selalu nangis setiap malem hanya untuk memikirkan masalah yang ada di pikiranku, aku menjadi takut untuk mencoba hal-hal baru karna takut gagal dan ga berhasil, aku selalu kepikiran tentang omongan orang lain yang buruk terhadap ku. Aku mencoba untuk bersyukur apa yang tuhan berikan kepadaku dan aku mencoba untuk menerima diriku apa adanya terhadap apa yang aku punya,aku terkadang kalau overthingking, aku suka menulis atau ngetik emosi yang ada di diri aku sampai aku merasa tenang setelah itu aku bisa tidur dengan tenang. 

Pagi hari Minggu pukul 05.15 aku merasa baik-baik aja aku tidak memikirkan permasalahan itu. Aku langsung sholat subuh dan setelah sholat aku ga lupa untuk berdoa pada tuhan, setelah solat subuh biasanya kalau aku libur, aku menyempatkan diri aku untuk berolahraga setelah selesai aku pergi mandi dan sarapan pagi, kalau aku sudah selesai sarapan pagi aku membantu mamaku untuk membersihkan rumah setelah selesai aku biasanya pergi bermain bersama teman-temanku kalau ada tugas kita mengerjakan bersama. 

Aku dan teman-teman ku pergi ke Caffe Selasar, harga makan dan minum di sana sekitar 30-50k, disana kita mengerjakan tugas satu sama lain dan membantu apabila ada tugas yang tidak kami pahami setelah selesai kita berfoto-foto dan baru kita memesan makanan. Aku pergi ke sana bersama Abel,Riska,dan Stayu, mereka ber tiga ini adalah temen aku selama di sekolah MAN, selama di Man aku selalu main bersama merka bertiga sampai orang tua ku mengenal mereka dengan baik, mereka juga sempet menginap di rumahku dan kita seru-seruan di rumahku, kita masak bersama, menonton film bersama. 

Ke esokan harinya di hari senin jam pelajaran pertama pembelajaran bahasa indonesia yang diajari oleh Ibu Indah itu dilakukan pembelajaran secara online dikarenakan Ibu Indah sedang ada kegiatan lain makanya aku,Puji,Imeh,Bethari,Devi dan Ashfa main ke kos an Devi yang dekat dengan kampus UIN 3. Kami berjalan kaki dari UIN 1 untuk ke kos Devi, perjalanan yang lumayan jauh dan sangat melelahkan membuat kita haus, di pertengahan jalan kita berenti untuk membeli minuman di warung  dan melanjutkan perjalanan lagi dan akhirnya sampailah di kos Devi. Sesampai di sana kami memesan makanan bersama, kita memesan makanan di wateg dekat kos Devi makanannya lumayan enak menurutku setelah selesai makan kami mengerjakan tugas aplikasi komputer yang di ajari oleh Bapak Dudun. Kami saling kerja sama dan saling membantu satu sama lain tugas pun selesai kita langsung kembali lagi ke UIN untuk belajar matkul bahasa inggris dan kita lanjut pelajaran selanjutnya sampai jam pelajaran selesai.

Sekian cerita saya tentang kehidupan saya 

Sampai Jumpaaa....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun