Mohon tunggu...
lulu istianah
lulu istianah Mohon Tunggu...

seorang perempuan yang sedang belajar menjadi manusia

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Cerita di Balik Pembuatan Lukisan Nyi Roro Kidul Karya Basoeki Abdullah

21 Maret 2017   23:26 Diperbarui: 21 Maret 2017   23:36 10449 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam sejarah Indonesia, tak bisa disangka bahwa nama Basoeki Abdullah yang paling disebut sebagai pelukis bangsa. Sejak bangsa Indonesia merasa memiliki kehidupan seni lukis, bahkan dalam hitungan politis, nama Basoeki Abdullah sudah sering kali terdengar bergetar sebelum bangsa Indonesia mempunyai negara kesatuan republik. Popularitasnya memang tiba-tiba menghentak dan mengenyahkan kenangan sebagian besar bangsa Indonesia atas raden Saleh, misalnya bahkan juga orang terdekatnya.

Basoeki Abdullah mempunyai imajinasi yang baik hingga ia memanifestasikan legenda-legenda Nusantara ke dalam lukisannya.  Diantaranya yang balik mengesankan dan memikat hati ialah tentang Nyai Roro Kidul. Dalam pembuatannya Basoeki Abdullah mempunyai kisah tersendiri.

Sebelum melukis lukisan, Basoeki Abdullah pernah bertemu dengan Nyai Roro Kidul saat ia naik sepeda dan bersembahyang di Pantai Parangtritis ia mendengar suara di tepi pantai itu dan mendapatkan bukti dari apa yang dikatakan oleh suara itu pada saat berikutnya. Basoeki Abdullah mengatakan bahwa Nyai Roro Kidul itu ada dan dapat dijumpai di Pelabuhan Ratu atau sepanjang Laut Selatan. Bahkan pernah suatu hari, ia diajak mengobrol di sebuah Hotel Pelabuhan Ratu.

Akhirnya keinginan untuk melukis sosok Nyai Roro Kidul pun muncul dari Basoeki Abdullah. Nyai Roro Kidul dikenal sebagai perempuan cantik serta anggun namun yang menjadi kendala adalah Basoeki Abdullah tidak pernah melihat jelas wajah Nyai Roro Kidul, maka dicarilah model yang menurut Basoeki tepat untuk menggambarkan sosok Nyai Roro Kidul.  Namun yang terjadi adalah semua semua model yang memerankan Nyai Roro Kidul menderita sakit parah bahkan sebagian tak tertolong jiwanya.

Pada mulanya Basoeki Abdullah menganggap hal itu sebagai suatu kebetulan, tetapi setelah terjadi lebih dari tiga kali, ia lalu waspada. Suara gaib Nyai juga sudah memperingatkan hal itu dan Basoeki Abdullah akhirnya menurut. Oleh karena itu setiap Basoeki Abdullah ingin melukis Nyai Roro Kidul ia tidak pernah menggunakan model. Imajinasi membawa proses kreatif penciptaan karyanya. Sampai sekarang ada enam lukisan Nyai Roro Kidul yang diciptakan Basoeki Abdullah, semua dalam versi berlainan dan semua ditentukan bagaimana proses Basoeki Abdullah menangkap petunjuk.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x