Mohon tunggu...
lukmanbbs
lukmanbbs Mohon Tunggu... lukmanbrebes

Ngaji pikir dan dzikir

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nasi Ponggol Saroh

13 Oktober 2020   23:44 Diperbarui: 13 Oktober 2020   23:55 69 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasi Ponggol Saroh
Dok Pri. Saroh pemilik warung ponggol pagi

Kalau pembaca pagi-pagi mau berwisata ke PARIN (Pantai Randusanga Kulon) Brebes dan belum sarapan atau tidak membawa bekal makanan, maka tidak usah khawatir. Karena (NASPOGIS) Nasi Ponggol Pagi Saroh" sudah mempersiapkan, menyambut para wisatawan yang belum makan di pagi hari.

Naspogis yang berada di jalan menuju wisata PARIN,  dekat jembatan sigempol dan dibawah pohon widara, sudah siap untuk mengisi perut para wisatawan atau goesmania yang pagi-pagi sudah jalan-jalan.

Naspogis,  di lingkungan masyarakat randusanga Brebes, lebih dikenalnya dengan "Ponggol Saroh," yang sudah menjajagan daganya dari jam 5 pagi.

Kata Saroh, pemilik warung ponggol, ia setiap hari mulai masak jam 1 pagi. Dibantu suaminya dan anak perempuanya. Sehingga subuh masakan  sudah matang  semua dan setelah sholat subuh,  daganya  mulai di jajagan di depan rumahnya.

Ada beberapa macam jenis ponggol, yang dijajagan  saroh di pagi hari.

Pertama, Nasi adep-adep. Nasi yang biasa kita temui, dalam tradisi masyarakat Brebes, hanya pada acara mantenan. Karena Nasi adep-adep wajib ada pada acara tersebut. Namun bila pembaca rindu akan rasa nasi adep-adep, maka tidak usah bingung. Segera saja melucur ke ponggol saroh.

Nasi adep-adep ala saroh, terdiri dari nasi. Lauknya tempe, kluban,  telur, timun dan ada ikan asin. Harganya cukup murah, hanya Rp. 3000 perbungkus yang dikemas pakai full daun pisang. Sehingga rasanya lebih terasa  enak  dan sedap sekali.

Kedua, Nasi bumbon, dengan lauk tempe, bakmi, tempe oreg dan kalau suka pedes tersedia juga sambalnya. Nasi bumbon ini pula dibungkus pakai daun pisang dan dipatok  harga per bungkus Rp. 3000.

Ketiga, nasi kuning. Yang jelas nasinya kuning. Lauknya tempe oreg kering, bihun putih dan telor. Dengan sama Rp. 3000 dan dibungkus pakai daun pisang pula.

Adapun kalau mau menjadi penikmat ponggol saroh, tersedia pula;
risoles Rp. 2000, bakwan 1000 dan tempe  goreng kering 1000.

Penjualan ponggol pagi saroh, kata yang punya setiap hari mendapatkan uang 400.000 sampai 500.000, sedangkan kalau hari minggu pendapatanya meningkat hingga Rp.800.000.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN