Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Kontributor TVMu untuk Kabupaten Brebes

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Belajar Public Speaking, Perlukah?

4 September 2020   15:16 Diperbarui: 4 September 2020   15:23 31 6 2 Mohon Tunggu...

"Waduh..saya grogi nih..."

"Gak berani maju, kamu aja? Mending aku disuruh lari puter lapangan 7 kali dibanding suruh bicara didepan banyak orang..."

dan masih banyak alasan lain orang ketika diminta tampil berbicara di hadapan orang banyak.

Apakah anda mengalaminya? 

Tentu saja hampir semua orang, saat awal-awal tampil di depan orang  banyak, merasa grogi, keringat bercucuran, kaki gemetaran, nafas tidak teratur dan banyak lagi gejala yang muncul. Mungkin sampai saat ini ada juga yang mengalaminya, termasuk penulis sendiri, masih grogi dan tidak menguasai panggung saat bicara di depan orang banyak.

Mampukah saya berbicara lancar seperti tokoh motivator atau narasumber seminar yang mampu berkomunikasi lancar dengan hadirin? Tentu saja hal ini harus dilatih, tidak serta merta hanya keinginan namun tidak berani untuk berlatih dan belajar. Katanya jam terbang itu juga berpengaruh, alah bisa karena terbiasa.

Lalu, bagaimana kita mampu berbicara di depan banyak orang? Pelajarilah Public Speaking. Kita bisa mengikuti kursus / pelatihan atau peluang di agenda atau momen tertentu untuk berlatih bicara. 

Public speaking adalah suatu bentuk komunikasi kepada sekelompok orang didepan umum (biasanya dalam bentuk ceramah atau pidato) yang bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi atau menghibur. Public Speaking merupakan rumpun keluarga Ilmu Komunikasi dimana mencakup kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan perlu menggunakan strategi, teknik yang tepat. (sumber: fahrurojihasan).

Bagaimana kita melatih skill confidence, skill management, skill speaking tentu lebih utama adalah praktek setelah kita mengetahui teorinya. Praktek bisa dimana saja, ketika tidak ada kesempatan di depan orang banyak secara langsung. Bisa juga berlatih bicara di depan kaca, atau membuat video rekaman pribadi saat berbicara atau juga mengabadikan momen kegiatan direkam dan diupload ke Youtube atau media sosial.

Public Speaking akan mudah dipelajari dan diaplikasikan manakala ada kekuatan dan semangat untuk belajar. Jangan mudah menyerah dan selalu meminta masukan kepada ahlinya yang sudah terbiasa berbicara didepan banyak orang dan sudah menguasai peserta / hadirin dalam suatu agenda.

Belajarlah dengan membaca, menyaksikan tips dan trik yang bisa kita lihat di Youtube dan terpenting selalu konsultasi kepada orang yang kita anggap mampu dan mahir menguasai public speaking.

Semoga bermanfaat

LUKMANUL HAKIM, KBC-05 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x