Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Kontributor TVMu untuk Kabupaten Brebes

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Efisiensi Lokasi Kandang Bebek di Perkampungan

3 September 2020   16:17 Diperbarui: 3 September 2020   16:20 158 5 0 Mohon Tunggu...

Peternakan merupakan salah satu usaha yang menjanjikan manakala mampu mengelola dan memenej dengan baik. Bagaimana memelihara bebek agar sukses tetap hidup sampai Panen. Merawat kandang bebek agar nyaman buat unggas dan nyaman buat lingkungan sekitar.

Kali ini penulis mendampingi usaha Bebek Pedaging yakni Bebek Hibrida. Salah satu unggas yang harus teliti dalam penanganannya. Kalau salah strategi dan pemeliharaan serta kondisi yang tidak kondusif maka dipastikan akan gagal dan banyak yang mati.

Pengalaman penulis mendampingi kelompok bebek dengan DOD 200 ekor hanya tersisa 15 ekor sampai panen, sisanya mati, ada yang dimakan hewan rase atau lenggarangan, mati karena suhu lembab, hujan besar dan lainnya.

Berdasar pengalaman, maka penulis m3ncoba strategi baru dengan membagi DOD bebek ke masing-masing anggota. Ketika sudah besar baru akan dipindah ke kandang besar 

Kandang bebek diusahakan nyaman ditempati bebek seperti suhu yang stabil dan hangat. Sehingga langkah yang dilakukan adalah mengiapkan jerami dan dedak kasar untuk alasnya.

Selain itu, lokasi bebek sudah pas karena jauh dari pemukiman warga, tidak ada kekhawatiran warga akan mencium aroma bau tidak sedap dari kotoran bebek.

Pembenahan kandang yang dilakukan adalah pembersihan lokasi dan membuat sekat-sekat atau pembatas antara bebek. Jadi tidak digabungkan menjadi satu.

Harapannya, bebek akan nyaman dan perkembangan bebek semakin bagus serta menghasilkan pertumbuhan bebek semakin besar.

Pada masa pandemi, tiap anggota juga trtap menjalankan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker saat berinteraksi dengan bebek dan selalu menjaga kebersihan kandang.

Bebek hibrida menjadi pilihan untuk usaha bisnis yang cepat perputarannya karena pertumbuhannya cepat dibanding bebek lainnya. Usia 10 hari saja sudah terlihat besar dibanding bebek pada umumnya.

Sehingga ini menjadi pilihan untuk berbisnis dan menghasilkan sebagai kategori bebek pedaging. Meskipun begitu mesti berhati-hati dan mampu memahami kondisi bebek. Menjaga pakan dan penjadwalan vaksi sebagai daya tahan tubuh bebek agar kuat imunnya atau sebagai antibodi terhadap berbagai penyakit.

Semoga Sukses sampai Panen.

Lukmanul Hakim, kbc-05

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x