Mohon tunggu...
Lukky RezaRamadhani
Lukky RezaRamadhani Mohon Tunggu... UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Teknologi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Desa Kromengan dengan Pihak Desa Bekerja Bakti Bersihkan Sungai

24 Juni 2020   21:30 Diperbarui: 24 Juni 2020   21:33 141 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Desa Kromengan dengan Pihak Desa Bekerja Bakti Bersihkan Sungai
Mahaasiswa berbaur dengan warga dalam pelaksanaan kerja bakti (Pewarta Foto: Lukky Reza Ramadhani)

Minggu (21/06)—Mahasiswa Universitas Negeri Malang tetap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata meskipun situasi di Indonesia saat ini sedang dilanda pandemi COVID-19, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, khususnya pada pelaksanaan di Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. 

Pada kesempatan kali ini Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Kromengan melaksanakan kegiatan kerja bakti di pinggiran sungai sebagai upaya mengurangi pembuangan sampah pampers dan sampah plastik. 

Selain itu, daerah pinggiran sungai yang berencana untuk diubah oleh mahasiswa KKN di Desa Kromengan sebagai taman agar tidak lagi menjadi pembuangan sampah.

Lukisan-lukisan pun akan menghias daerah tersebut sehingga daerah dapat menjadi spot yang baik untuk bersantai dan berswafoto, baik dari pihak desa sendiri maupun pendatang. 

Selain mahasiswa, para warga desa juga turut berpartisipasi dalam kegiatan. “Alhamdulillah, terima kasih dari rekan UM [karena] telah membantu kegiatan kerja bakti di wilayah dusun kromengan ini,” tanggap salah seorang warga kala kegiatan dilaksanakan. 

Dukungan dari Perangkat Desa dalam kegiatan kerja bakti
Dukungan dari Perangkat Desa dalam kegiatan kerja bakti

Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Desa Kromengan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari kepala dusun Krajan. “Kegiatan ini sangat bagus dan saya sangat berterima kasih sudah mau membantu karena ini merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat sebagai bentuk dari Kuliah Kerja Nyata yang diharapkan memang seperti ini. 

Berbaur dengan masyarakat, mengajak masyarakat untuk sadar akan kebersihan sungai, menciptakan semangat baru dan saya sangat mendukung adanya kegiatan ini,” ujar bapak Hari, selaku kepala dusun Krajan. 

Penulis: Wulan Ayuning Tiyas, Putri W. N. 

Penyunting: Aura Reandra Paramitha, Lukky Reza Ramadhani, Habib El Rahman.

VIDEO PILIHAN