Mohon tunggu...
Luita Dratistiana
Luita Dratistiana Mohon Tunggu... Lainnya - Analis Humas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

PPSDM Migas merupakan pusat pengembanga SDM subsektor migas yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sebagai unit kerja di bawah Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Selanjutnya

Tutup

Karir

Lihat Proses Hulu Hilir Migas, Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kunjungi PPSDM Migas

27 Januari 2022   09:56 Diperbarui: 27 Januari 2022   09:58 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) sebagai tempat untuk peningkatan kompetensi tak hanya industry migas tetapi juga bagi para mahasiswa di Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Bahkan Perguruan Tinggi dari luar Pulau Jawa pun mengunjungi PPSDM Migas sebagai satu -- satunya tempat pelatihan dan sertifikasi migas milik pemerintah di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Universitas Lambung Mangkurat juga telah melakukan kunjungan lapangan di PPSDM Migas pada Rabu (26/01/22).

Arisona, Kepala Bagian Umum PPSDM Migas menjelaskan bahwa PPSDM Migas sangat terbuka menerima kerja sama dari Perguruan Tinggi manapun dari Indonesianya.

"Kami, PPSDM Migas selalu mendukung terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul terlebih untuk pengembangan kompetensi kemigasan di tanah air. Kelebihan PPSDM Migas adalah kami mempunyai sarana yang lengkap dari hulu sampai hilir migas. Bahkan kilang tertua ke-3 di Indonesiapun berada di PPSDM Migas," ungkapnya disela -- sela kesibukannya ketika ditemui di ruangannya.

Doni Rahmat Wicakso, Koordinator Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat yang ikut mengawal mahasiswa dari ULM merasa senang karena dapat langsung melihat fasilitas dari PPSDM Migas.

"Kami bersama dengan mahasiswa diterima dengan baik di PPSDM Migas dan merasa senang karena diperkenalkan di beberapa tempat (Laboratorium Pemboran, Laboratorium Mekanik, Laboratorium Instrumentasi dan Kilang PPSDM Migas). Selain itu juga bisa melihat secara langsung alat -- alat control dan peralatan lain yang ada di PPSDM Migas. Kedepannya, kami berharap agar dapat diterima kembali di PPSDM Migas," terangnya.

Salah satu mahasiswa dari ULM, Nasrudin, mahasiswa Program Studi S1, Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan menjelaskan pengalamannya mengikuti program ekskursi di PPSDM Migas.

"Kami melakukan kunjungan untuk melihat bagaimana proses dan pengambilan minyak dan gas bumi. Tadi kami diajak untuk memasuki beberapa laboratorium, salah satunya adalah di Laborartorium Pemboran di mana kami dijelaskan tentang pengambilan minyak, struktur dan mekanisme yang dilakukan dalam proses pengambilan minyak bumi," ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi Universitas Lambung Mangkurat adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan didirikan pada tanggal 21 September 1958 dan diresmikan pada tanggal 1 November 1960.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan