Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mungkinkah Tetap Mengajar dari Rumah Meski WFO Kembali Diterapkan?

10 November 2021   21:13 Diperbarui: 16 November 2021   09:06 403 50 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi penerapan kuliah tatap muka (Sumber: Thinkstock)

Mengajar di kampus lagi tentu saja menjadi salah satu bagian penting dari work from office (WFO). Ada sukacita dan harapan positif dari kemungkinan penerapan WFO. 

Setelah 1,5 tahun lebih bekerja dari rumah atau work from home (WFH), kemungkinan mengajar di kelas kembali terbuka lebar. 

Berbagai upaya dilakukan berbagai perguruan tinggi agar kampus menjadi 'hidup' lagi, seperti sebelum pandemi menyebar ke seluruh dunia pada Maret 2020 lalu.

Kemarin, saya berbaku kata dengan seorang kawan lama di warung kopi. Sambil menyeruput kopi Arabica Wamena, kami bicara soal kemungkinan pengajar akan WFO di kampus mulai semester depan. 

Pada saat ini, beberapa kampus memang sudah mengijinkan mahasiswa datang ke kampu untuk kegiatan penting, seperti penelitian di laboratorium. 

Dalam perbincangan itu, kawan lama itu menyebut kemungkinan dosen tetap di rumah saja atau masuk kelas, sedangkan mahasiswa ---seperti murid SD hingga SMA--- bisa belajar di rumah dan kelas. Jadi posisi mengenai lokasi pendidik dan peserta didik sama, khususnya untuk pendidik senior berusia 50 tahun ke atas.

Bagi saya, pembicaraan itu sangat menarik mengingat pandemi Covid-19 memang belum sepenuhnya menghilang. 

Pandemi masih ada di sekitar kita dan sewaktu-waktu bisa mengancam kita semua. Kampus-kampus memang belum sepenuhnya terbuka dikunjungi mahasiswa. 

Kalaupun ada mahasiswa, kampus masih membatasi jumlah pegawai dan mahasiswa yang berada di kampus, khususnya di ruang-ruang tertutup di gedung-gedungnya. Protokol kesehatan alias prokes ketat masih diberlakukan di sebagian besar kampus.

Pendidik bisa di mana saja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan