Mohon tunggu...
Angelo Lucky Budiman
Angelo Lucky Budiman Mohon Tunggu... MAHASISWA

Mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pascasarjana UAJY Rencanakan Lima Program Studi Multi Disiplin

28 Oktober 2020   11:47 Diperbarui: 28 Oktober 2020   12:25 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pascasarjana UAJY Rencanakan Lima Program Studi Multi Disiplin
Perencanaan Program Studi Multidisiplin Pascasajana UAJY saat Konferensi Pers. (YouTube/Yohanes Widodo)

(Kamis, 22/10/2020) - Komitmen Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dalam menyelenggarakan, meningkatkan, dan memajukan aktivitas pendidikan dalam dunia yang semakin maju diwujudkan dalam perencanaan mereka untuk menghadirkan lima Program Studi (Prodi) multi disiplin dalam pendidikan S2. Merupakan gabungan dari beberapa ilmu tertentu, kelima program studi ini sedang melalui tahap pengembangan dan Focus Group Discussion (FGD).  

"Saya juga ingin menyampaikan bahwa sekarang program Pascasarjana juga sudah membentuk tim Renstra (Rencana Strategis) dan tim Studi Kelayakan untuk program S2 Multi disiplin yang nantinya akan kami sesuaikan," ujar Prof. Dr. Ade Lisantono, Direktur Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta saat melakukan konferensi pers pada Kamis (22/10/2020).

Adapun kelima Program Studi yang sedang dirumuskan tersebut adalah, dan Kebencanaan, Infrastruktur, Kecerdasan Buatan, Pariwisata, dan Ketahanan Pangan.  Rencananya, usulan pembentukan prodi tersebut akan dirumuskan sedemikian rupa hingga nantinya disetujui oleh Yayasan dan diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sehingga dapat memperoleh izin untuk beroperasi.

Ade menjelaskan bahwa kelima prodi multidisiplin ini merupakan kombinasi dari beberapa bidang ilmu yang dileburkan menjadi satu kesatuan. Contohnya adalah Kebencanaan yang merupakan kombinasi program studi Teknik Sipil, Arsitektur, dan Hukum.

Bukan tanpa sebab, dibuatnya perencanaan tersebut berkaitan dengan pengembangan Unit Pengelolaan Program Studi (UPPS) yang telah menerima SK Rektor yang telah terbit pada 15 Agustus 2020 lalu. Terdapat pula rencana untuk pembukaan Pendidikan S3 yang saat ini juga sedang dalam tahap perencanaan dan Studi Kelayakan namun belum memiliki informasi terkait dengan prodi yang akan disediakan.

Telah berdiri sejak 1993, hingga saat ini Pascasarjana UAJY telah memiliki tujuh Program Studi monodisiplin, yakni Manajemen, Hukum, Arsitektur, Teknik Sipil, Informatika, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Industri. Rencananya, ketujuh prodi monodisiplin tersebut akan dikembalikan ke fakultas-fakultas sesuai dengan bidang ilmu yang nantinya akan dikelola oleh Departemen yang dibentuk masing-masing fakultas.

Meskipun masih dalam tahap perencanaan, hingga saat ini Pascasarjana UAJY tetap berkomitmen mewujudkan visinya untuk menjadi institusi Pendidikan Pascasarjana yang berjiwa unggul, inklusif, dan humanis serta mampu memberi sumbangan pada kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran. Pelayanan tersebut diimplementasikan melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Pascasarjana UAJY juga telah membuka pendaftaran semester genap tahun ajaran 2020/2021 untuk tujuh program studi yang telah dimulai pada 1 Oktober 2020. Terdapat program Program Seleksi Mahasiswa Berprestasi (PSMB) yang memberikan subsidi biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang akademik. 

Tentang Pascasarjana UAJY: 

Pascasarjana UAJY merupakan program Pendidikan yang telah berdiri selama 27 tahun dan telah berhasil membangun tujuh program studi S2. Untuk meningkatkan hubungan dalam berjejaring, UAJY telah bekerjasama dengan beberapa Universitas dan Perusahaan terkemuka di dunia, seperti Microsoft Corporation, British Council, IOS Developer, Technical University of Ilmenau, hingga Providence University Taiwan. Sampai pada tahun 2020, Pascasarjana UAJY telah berhasil meluluskan 1319 alumninya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN