Mohon tunggu...
Luana Yunaneva
Luana Yunaneva Mohon Tunggu... Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist

Certified Public Speaker, Hypnotist and Hypnotherapist. email: Luanayunaneva@gmail.com ... youtube: Luana Yunaneva ... personal blog: www.jurnaluana.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Grégory Lemarchal: Lagu-Lagunya Menginspirasi, Meski Idap Penyakit Genetik (3)

25 Oktober 2016   22:52 Diperbarui: 26 Oktober 2016   17:43 0 10 13 Mohon Tunggu...
Grégory Lemarchal: Lagu-Lagunya Menginspirasi, Meski Idap Penyakit Genetik (3)
Gregory Lemarchal (sumber: http://s.plurielles.fr/mmdia/i/62/1/gregory-lemarchal-10667621legcc.jpg?v=1)

Ketika saya tengah jenuh dengan lagu-lagu yang makin ke sini justru banyak yang bikin baper (bawa perasaan), saya menemukan beberapa video penyanyi ini yang liriknya berbeda. Berbicara soal cinta? Oh, tidak. Video-videonya yang beredar di situs Youtube justru tidak membahas urusan asmara. Tapi justru hal itulah yang membuat saya menyukainya, bahkan jadi baper karenanya. Lho, kok bisa?

Siapa nama penyanyi itu?

Grégory Lemarchal, penyanyi asal Prancis yang meninggal di usia sangat belia, 23 tahun pada 30 April 2007. Dalam dua tulisan sebelumnya, saya telah membagikan profil penyanyi tampan ini dan dampak yang diberikan pada banyak orang setelah dia meninggal dunia.

Semangat. Satu kata itulah yang dapat saya lihat dari Grégory. Meski penyakit la mucoviscidose atau fibrosis kistik telah menggerogotinya, sebisa mungkin ia tak merasakannya. Hidup justru dijalaninya dengan penuh antusiasme, terutama ketika berolahraga dan bernyanyi.

Bahkan ada kalimat menarik yang saya kutip dari situs resmi Asosiasi Grégory Lemarchal (AGL), mengenai kecintaannya terhadap musik. “Le seul moment où je ne suis pas malade, c’est lorsque je chante,” yang berarti, “Satu waktu di mana aku tidak sakit, adalah ketika aku menyanyi.”

Ia mengaku beruntung, ketika berhasil menjadi salah satu dari 18 kandidat yang lolos Star Academy 4, ajang pencarian bakat yang diadakan stasiun televisi TF1 pada 3 September 2004. Kemudian ia memenangkan ajang bergengsi itu, setelah menjalani berbagai tekanan dan kesulitan di dalamnya.

Dan semangat itulah yang dituangkannya dalam lagu-lagu yang ditulis dan diinterpretasikannya. Dua di antaranya dimasukkan dalam album kelima sekaligus terakhirnya bertajuk “Rêves” (Mimpi-Mimpi) yang diluncurkan pada 16 November 2010. Kedua lagu itu berjudul “Tu Prends” (Kamu Mengambil) dan “Je Rêve” (Aku Bermimp).

Orangnya sudah tiada, kok ada albumnya? Tenang saja, ini album kompilasi. Seluruh keuntungannya disumbangkan untuk AGL, dalam rangka memerangi  fibrosis kistik, meningkatkan kesadaran masyarakat perihal penyakit tersebut dan mengontrol para pasiennya ke arah yang lebih baik

Agak sulit memang untuk menemukan pesan-pesan khusus dari penyanyi muda yang memiliki range vokal empat oktaf ini, termasuk dari situs-situs berbahasa Prancis. Namun, saya akan membantu menerjemahkan lirik kedua lagu tersebut untuk membantu pendengar mengetahui, apa pesan yang ingin Grégory sampaikan.

1. “Tu Prends”


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
KONTEN MENARIK LAINNYA
x