Mohon tunggu...
Louis GraciaGraciosa
Louis GraciaGraciosa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Rumah Terbuka Anti Pengap! Ketahui Ventilasi Terbaik Untuk Rumah Tinggal

2 Juni 2022   15:48 Diperbarui: 2 Juni 2022   15:49 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pandemi menyebabkan banyak masyarakat yang terpaksa beraktifitas di rumah. Hal ini menyebabkan rumah menjadi inti dari mayoritas kegiatan seluruh penghuni selama pandemi. Dikarenakan menjadi pusat kegiatan saat pandemi, perlu disadari bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihan udara di dalam rumah. Hal ini juga turut menerapkan protokol kesehatan yang dimana ruangan harus memiliki sirkulasi udara yang baik.

Oleh karena itu diperlukan adanya ventilasi dalam suatu ruangan. Ventilasi sendiri berfungsi mengalirkan udara luar kedalam ruangan dan sebaliknya, sehingga terjadi pergantian udara yang sehat untuk dihirup. Seiring keluarnya udara dari dalam, ventilasi juga menjadi saluran keluarnya polusi dari dalam rumah. Sirkulasi udara ini bertujuan untuk menciptakan ketersediaan udara bersih yang rendah polusi dengan maksud menjaga kelembaban dan suhu yang nyaman bagi penghuni di dalam sebuah bangunan. 

Semakin terpikirkan untuk menghadirkan sirkulasi udara yang baik di dalam hunian? Simak rangkuman penjelasan lebih mendalam tentang ventilasi terbaik untuk rumah anda berikut ini: 

Jendela Ventilasi 

Ventilasi jenis ini sering digunakan, namun banyak salah dalam penggunaanya. Sehingga hasil dari ventilasinya tidak maksimal. Perlu diketahui bahwa ventilasi ini harus memiliki 5% dari luas ruangan, terlebih untuk kamar tidur. Ukuran dan jumlah ventilasi juga harus disesuaikan dengan ruangan 

Loster 

Ventilasi ini selain membantu sirkulasi dalam rumah, tetapi juga memberi dekorasi dan pola yang unik dalam rumah. Ventilasi jenis ini sering digunakan sebagai sekat dalam rumah dan sebagai bagian dari fasad rumah. Bahan dari loster sendiri juga terbuat dari bahan kayu, semen dan keramik.

Jalusi 

Ventilasi ini pengaplikasiannya pada jendela yang menghadap horizontal. Ventilasi ini memiliki keunggulan yang dimana celah-celahnya dapat diatur kelebaran bukaannya sesuai kebutuhan. Selain itu ventilasi ini juga mudah disesuaikan sesuai dengan ruang dan juga mudah untuk dibuka dan ditutup.  

Jendela Nako 

Ventilasi ini tergolong yang sangat umum dan mudah dalam penggunaan ventilasinya. Namun pada jaman sekarang sudah sangat jarang ditemui diberbagai tempat karena modelnya yang tergolong kuno. Penggunaan ventilasinya sangat mudah, anda cukup menarik tuas pada satu set ventilasi nako ini dan semua kacanya pun terbuka. Masuknya udara dapat diatur dari bukaan kaca nako, jika kaca hanya dibuka sedikit maka udara yang masuk pun sedikit. Oleh karena itu ventilasi ini tergolong fleksibel. Meskipun desain yang cukup kuno, kaca nako ini dapat membantu suasana dan konsep ruangan lebih artistik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun