Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Mengejar Gerhana Bulan Total dan Menatap "Super Blood Moon"

28 Mei 2021   17:45 Diperbarui: 31 Mei 2021   12:00 302 19 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengejar Gerhana Bulan Total dan Menatap "Super Blood Moon"
Gerhana Bulan Total (Dokumentasi Pribadi)

Mata pelajaran (mapel) yang diminati oleh siswa SMA adalah Astronomi. Diminati belum tentu disukai. Siswa SMA lebih suka Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Mapel IPA itu menjadi populer karena kemungkinan anak IPA untuk mengambil jurusan ilmu di tingkat Universitas lebih banyak ketimbang anak IPS.

Astronomi, kadang disebut sebagai ilmu bintang, adalah cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik).

Setengah Gerhana Bulan Total (Dokumentasi Pribadi)
Setengah Gerhana Bulan Total (Dokumentasi Pribadi)

Siswa yang meminati Astronomi sekurang-kurangnya mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan Mekanika Benda Langit, Tata Surya, Radiasi Elektromagnetik, Sistem Koordinat Benda Langit, Sistem Waktu dan Kalender, Daur Kehidupan Bintang dan Galaksi dan Kosmologi Dasar.

Lalu, bagaimana cara mempelajari Astronomi? 

Tak sedikit yang menyarankan agar para siswa membaca literatur tentang astronomi dan mempelajari benda-benda langit. Bergabung dengan Klub Astronomi. 

Mengunjungi planetarium atau observatorium terdekat untuk mengenal astronomi sekaligus ikut mengamati langit malam, juga menjadi salah satu kegiatan penting.

Jika jauh dari observatoorium, siswa bisa belajar mengenali obyek langit pada malam hari itu. Caranya, mengunduh aplikasi peta bintang seperti Stellarium di komputer atau di smartphone.

"Sky-Watcher" Teleskop (Dokumentasi Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN