Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Serunya "Backpacker" ke Nusa Penida dengan Budget Murah

21 Januari 2019   09:46 Diperbarui: 21 Januari 2019   14:37 0 5 1 Mohon Tunggu...
Serunya "Backpacker" ke Nusa Penida dengan Budget Murah
Menikmati Sunset di Kelingking Beach (Dokpri)

Mister Jay, guru Mandarin di sekolah saya, bangga bisa mengunjungi banyak destinasi wisata di Indonesia. "Di negara saya China, jarang menemukan keindahan alam seperti di Indonesia. Saya suka berlibur di sini" ugkapnya dengan bangga.

Ini untuk kedua kali, saya mengisi liburan sekolah bersama Mister Jay. Juli tahun lalu (2018), saya ajak dia ke Malang, Batu, Bromo dan Yogya. Liburan akhir tahun ini, kembali  saya ajak berwisata ke Labuan Bajo dan lainnya. Uniknya, setiap kali saya menyebut salah satu destinasi wisata, ia langsung cari informasi dan foto-foto objek wisata di internet lewat hapenya.

Mengunggah informasi dan foto tentang objek wisata Indonesia di dunia maya, sangat berguna bagi wisatawan mancanegara. Inilah kebiasaan Jay, wisman asal China, melakukan observasi sebelum tiba di objek wisata yang diinginkan.

 "Lebih suka saya menginap di homestay, supaya kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata. Untuk tidur tidak perlu yang mahal" kata Jay. Sekali lagi, saya belajar bagaimana turis asing dalam mempergunakan uangnya dengan hemat dan sepandan demgam kebutuhan saat traveling.


Setelah dari Labuan Bajo, kisahnya bisa disimak di tulisan saya terdahulu, "[Trip Labuan Bajo] Pulau Padar yang Tidak Pudar" dan "[Tri Labuan Bajo] Di Pulau Komodo Kami Tidak Untung?", kami berdua melanjutkan backpackeran ke Pulau Nusa Penida.

Tetiba di Bandara Ngurah Rai, (20/12) kami menginap semalam di sekitar Sanur. Mister Jay kali ini yang booking dan memilih homestay lewat aplikasi di hapenya. Kami dapat homestay dengan harga murah sekitar 159 ribu per malam. Tjana homestay terletak tak kurang dari 15 menit ke pantai Sanur dan suasananya seperti rumah keluarga dengan fasilitas AC dan makan pagi.

Fastboat Ke Nusa Penida

Awalnya, kami merencanakan ke Nusa Penida lewat pelabuhan Sanur. Tapi, Tjana Homestay dalam brosurnya, dapat membantu pesan tiket kapal ke Nusa Penida. Kapal berangkat dari pelabuhan Tribuana, Kusamba. Katanya, biaya sudah termasuk antar jemput dari homestay ke pelabuhan Tribuana.

Tiket Kapal (Dokpri)
Tiket Kapal (Dokpri)
Saya baru tahu untuk menuju ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida, selain lewat pelabuhan Sanur, dan pelabuhan Padang Bai, bisa berangkat dari pelabuhan Tribuana, pantai Kusamba, Klungkung.

Akses ke pelabuhan Tribuana ini relatif dekat dari Denpasar, hanya berjarak 33 km atau 15 menit perjalanan dan dari Bandara Ngurah Rai sekitar 1 jam dan berjarak 46 km. Kalau anda pernah ke Gua Lawah, ke pelabuhan Tribuana hanya berjarak 2 km atau 5 menit perjalanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x