Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Human Resources - Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

[Trip Labuan Bajo] Pulau Padar yang Tidak Pudar

9 Januari 2019   20:44 Diperbarui: 11 Januari 2019   18:55 2184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah jauh meninggalkan tempat kerja, akhirnya pesawat ATR berbaling-baling menurunkan saya dan teman saya (Guru Mandarin) di Labuan Bajo, Flores. Siang itu (16/12), kami disambut dengan cuaca yang cerah di Bandara Komodo, pintu gerbang Wisata Komodo.

Ruang pengambilan bagasi Bandara Komodo terkesan bersih dan suasana wisatanya, sangat kental dengan menempelkan foto-foto objek-objek wisata yang menjadi andalan Tur Komodo. 

Sambil menunggu bagasi, saya melihat jelas wajah-wajah wisatawan dari berbagai manca negara. Yang mudah dikenali adalah dari India dan China, karena kulit dan dialek bahasanya.

Akomodasi hotel sudah saya pesan jauh hari lewat aplikasi online. Demikian juga tiket pesawatnya untuk pulang-pergi. Ini untungnya booking pesawat dan hotel melalui online, tidak ribet.

Sovenir Komodo (dokpri)
Sovenir Komodo (dokpri)
"Lima puluh ribu, pak" jawab nona muda bagian sewa taksi bandara. Setelah saya bayar, saya dapat secarik kertas semacam tiket yang nanti diserahkan kepada sopir taksi bandara pelat hitam. 

Lalu, kami bergegas keluar bandara dan sopir langsung meminta tiket dan tak lama kemudian mempersilahkan masuk ke mobil innovanya.

Menuju ke hotel De Chocolate di bibir pantai Pelabuhan Labuan Bajo, hanya memakan waktu kurang dari 15 menit. Ternyata Bandara dengan pelabuhan Labuan Bajo jaraknya tidak jauh. 

Sepanjang perjalanan, saya melihat suasana kota Labuan Bajo yang didominasi oleh bersandarnya aneka kapal dan hotel-hotel yang dibangun di puncak bukit dan di dekat pelabuhan.

Susana Malam Dekat Hotel (Dokpri)
Susana Malam Dekat Hotel (Dokpri)
"Lihat, di kanan-kiri jalan suasananya seperti di Bali. Turis yang lalu lalang. Cafe resto  dengan view pelabuhan, agen-agen wisata, persewaan sepeda motor dan mobil, mini market, bank, semuanya terpapang dengan tulisan yang besar dan jelas" ungkap saya kepada teman saya.

Trip ke Labuan Bajo, kami rencanakan dengan cara sendiri. Saya hanya mengandalkan kenalan orang Labuan Bajo, tidak langsung pakai agen tour yang banyak dijumpai di sepanjang jalan dekat hotel atau lewat media sosial seperti instagram.

"Bapak mau pilih yang mana, private tour, open trip atau sharing tour?" tanya Pak Ignas, kenalan baru saya yang baru saja mengantar para Kepala Sekolah yang difasilitasi oleh UPH.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun